Satu Keluarga di Malang Jadi Pelaku Penipuan Pembelian Tiket Konser Coldplay

Polresta Malang Kota berhasil menangkap 3 tersangka penipuan tiket konser Coldplay. Kasus penipuan ini melibatkan belasan korban dengan kerugian mencapai jutaan rupiah. Simak selengkapnya!

Satu Keluarga di Malang Jadi Pelaku Penipuan Pembelian Tiket Konser Coldplay
Satu Keluarga di Malang Jadi Pelaku Penipuan Pembelian Tiket Konser Coldplay. Gambar : Muhammad Aminudin/detikJatim

BaperaNews - Polresta Malang Kota, Jawa Timur menangkap 3 orang pelaku penipuan tiket konser Coldplay. Ketiga pelaku menipu belasan orang, mengaku telah mendapat tiket konser Coldplay dan menjualnya dengan harga lebih mahal dari harga di website resmi.

Namun usai pembeli mentransfer uang, pelaku memblokir nomor korban dan tidak ada tiket yang dikirimkan. Diketahui Coldplay akan menggelar konser di Indonesia pada November 2023 mendatang. War tiket telah terlaksana dan tiket sudah sold out padahal banyak penggemar tidak kebagian tiket tersebut.

Ketiga pelaku yang kini telah ditetapkan jadi tersangka kasus penipuan tiket konser Coldplay ialah :

  • PW (19) warga Blimbing, Malang
  • NW (47) ibu dari tersangka PW
  • GYP (22) warga Dringu, Probolinggo kekasih dari PW

Ketiganya ditangkap di kota Probolinggo hari Jumat (25/5). Kasus terungkap dari laporan salah korban berinisial RD yang lapor ke Bareskrim Polri Tangerang usai tertipu oleh ketiga pelaku. RD melapor pada 19 Mei 2023 lalu. Laporan kemudian dilimpahkan ke Polresta Malang Kota pada 21 Mei 2023 karena kedua pelaku tinggal di Malang.

“Kami sampaikan laporan ke Polresta Malang kota dan bersama Bareskrim melakukan penyelidikan” tutur Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto  hari Senin (28/5). Awalnya pelaku didatangi di kediaman PW dan NW di Blimbing, Malang namun tidak ditemukan. Pelaku ternyata bersembunyi di Probolinggo. 

Baca Juga : Karena Viral, Lycie Joanna Refund Uang Pembeli Tiket Konser Coldplay

Modus Penipuan Tiket Konser Coldplay Lewat Media Sosial

Ketiga pelaku menjual tiket konser Coldplay fiktif melalui media sosial Twitter di akun @membirv.

“Mereka beli akun yang punya banyak followers, itu dipakai untuk menawarkan tiket konser artis luar negeri termasuk tiket konser Coldplay” imbuh Kapolsek Blimbing Kompol Danang.

Pelaku mengakui melakukan aksi penipuan tiket konser Coldplay karena melihat tingginya minat masyarakat pada konser Coldplay dimana banyak yang kalah dalam War tiket dan bersedia membeli di calo meski dengan harga yang lebih mahal demi bisa melihat idolanya bernyanyi secara langsung. Ketiga pelaku sama sekali tidak punya tiket konser Coldplay.

“Ditawarkan ke beberapa orang dan ada yang tertarik, mereka kemudian DM ke akun tersebut dan telah transfer uang. Setidaknya Ada 19 orang yang tertipu dengan nilai total kerugian korban mencapai Rp 2,5-9 juta” lanjutnya.

Ketiga pelaku ternyata tidak sekali ini saja lakukan aksi tersebut, setiap kali ada musisi internasional konser di Indonesia, mereka juga melakukan tindak kejahatan serupa.

“Jadi tiap ada konser besar artis luar negeri baik itu Kpop sampai Coldplay ini yang banyak peminatnya, mereka lakukan aksinya. PW ini pelaku pertama, NW dan GYP yang membantu, hasil kejahatan mereka dipakai untuk kebutuhan sehari-hari” pungkas Danang.

Baca Juga : Calo Tiket Konser di Taiwan Bisa Dipenjara 3 Tahun