Salah Pesan Pizza di Situs Palsu, Orang Ini Rugi Rp8,1 Juta

Modus penipuan makin meraja lela dimana mana, apapun dihalalkan demi mendapatkan uang dengan modus penipuan, baru-baru ini seorang pembeli pizza rugi jutaan rupiah karena memesan pizza di website palsu. Simak beritanya!

Salah Pesan Pizza di Situs Palsu, Orang Ini Rugi Rp8,1 Juta
Salah Pesan Pizza di Situs Palsu, Orang Ini Rugi Rp8,1 Juta. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Modus penipuan kini makin banyak saja caranya. Mulai dari mengirim pesan, panggilan spam, hingga membuat web palsu. Baru-baru ini seorang pembeli pizza merugi jutaan rupiah karena membeli pizza di situs pesan pizza palsu.

Teknologi modern yang makin canggih memang memberi banyak manfaat untuk kehidupan manusia, namun juga perlu diperhatikan aman atau tidaknya mengingat tidak sedikit oknum yang memanfaatkan untuk keuntungan pribadi dengan menipu orang lain, salah satunya membuat situs pesan pizza palsu.

Saat ini industri makanan juga kecipratan teknologi modern, salah satunya ialah mudahnya pesan makanan via online lewat aplikasi atau web. Jika tidak teliti, hal ini bisa jadi jalan terkena tipuan sebagaimana yang dialami seorang pembeli pizza di Australia.

Korban pun memperingatkan pengguna lain agar jangan sampai tertipu sepertinya dan memastikan telah memesan pizza di situs yang benar.

Baca Juga : Balas Dendam, Mahasiswa Semarang Jadi Tersangka Penipuan Tiket Coldplay

Korban tertipu dengan situs Domino’s Pizza palsu. Nama yang mirip membuat banyak pembeli terkecoh. Situs asli dari Domino’s Pizza Australia ialah “dominos.com.au”, sedangkan yang palsu “domjnos.com.au”. Huruf I dan j kecil jika tidak dilihat dengan seksama nampak hampir sama, membuat pembeli bingung mana situs yang asli.

Selain tampilan huruf yang hampir sama, tampilan dari situs palsu Domino’s Pizza juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Mulai dari gambar pizza yang dipakai di beranda depan, list menu dan dan harga, hingga kolom pemesanan warna biru merah berlambang Domino’s Pizza sebagaimana di laman aslinya.

Para korban situs pesan pizza palsu baru sadar mereka tertipu ketika mereka telah membayar pesanan namun pesanan pizza yang mereka tunggu tak kunjung datang.

“Rekan kerja tertipu sampai 800 AUD (Rp 8,1 juta) karena terkecoh memesan pizza di situs palsu ini, sampai sekarang uangnya hilang, pizzanya jelas tidak sampai” kata salah satu warganet Australia.

“Ada banyak laman situs yang ternyata palsu dan penipu. Saya hampir terjebak 3 kali pesan barang di situs pizza palsu, untungnya saya sadar ketika hendak membayar, alamat situsnya tidak sama” komentar warganet Australia lainnya.

Domino’s Pizza Australia pun memberi pernyataan akan ambil langkah tegas terkait laman web palsu yang meniru persis akunnya.

“Domino’s Pizza akan ambil tindakan serius untuk situs pizza palsu yang mengatasnamakan perusahaan kami. Kami akan bekerja untuk menghapus situs pizza palsu tersebut. Situs resmi dan email resmi kami hanya di dominos.co.au. Jangan sampai salah pengejaan. Konsumen diharap lebih teliti ketika memasukkan alamat URL sebelum memasukkan informasi penting” tegas Domino’s Pizza Australia.

Tidak hanya di Australia, pembeli pizza di India juga ada yang pernah tertipu Rp 5,3 juta karena mengakses situs palsu dan terkecoh sebagaimana yang terjadi pada korban di Australia.

Baca Juga : Karyawati di Jaksel Kehilangan Rp 48 Juta Usai Kena Penipuan Berkedok Freelance