Roblox Akan Menerapkan Fitur Verifikasi Usia

Game Roblox akan terapkan fitur verifikasi usia pemainnya di fitur Spacial Voice, fitur obrolan suara

Roblox Akan Menerapkan Fitur Verifikasi Usia
Game Roblox, Gambar : urbandigital.id

BaperaNews - Saat ini, Platform game creation Roblox menghadirkan fitur verifikasi usia. Dengan hadirnya fitur baru tersebut, para pengguna harus mengkonfirmasi usia mereka untuk mendapatkan akses ke fitur yang disediakan untuk pemain yang lebih dewasa.

Mengutip dari The Verge, Rabu (22/09/2021), fitur verifikasi usia tersebut bersifat opsional. Selain itu, Roblox menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan menyimpan  data apa pun dari proses verifikasi yang mengharuskan pengguna menunjukkan bukti identitas.

Walaupun demikian, saat ini hanya terdapat satu fitur yang memerlukan penggunanya untuk melakukan verifikasi usia mereka. yaitu fitur Spacial Voice. Sebagai informasi, fitur Spacial Voice adalah fitur obrolan suara yang baru saja dikeluarkan oleh Roblox.

Diketahui, Fitur Spacial Voice hanya tersedia bagi pengguna yang telah melakukan verifikasi usia bahwa mereka sudah berusia minimal 13 tahun selama uji beta awal.

Akan tetapi, pihak Roblox sendiri tak mengatakan apakah nantinya fitur tersebut dapat tersedia untuk semua player.

Kehadiran fitur verifikasi usia diketahui dapat berdampak ke fitur-fitur lainnya, seperti contohnya ke game Roblox ataupun tool komunitas tertentu dapat dibatasi usia karena perusahaan berupaya untuk melindungi penggunanya yang kebanyakan berusia muda.

Sebagai informasi, Roblox menyampaikan bahwa sebanyak lebih dari setengah (50 persen) pengguna game Roblox merupakan anak berusia di bawah 13 tahun.

Kemudian, fitur verifikasi usia nantinya mengharuskan para pemain untuk mengunggah kartu identitas mereka, SIM, maupun paspor.

Selain itu, nantinya para pemain juga diminta untuk melakukan selfie di tempat untuk membantu mengkonfirmasi bahwa identitas mereka benar-benar diunggah oleh si pemilik.

Pihak Roblox pun hanya menerima kartu/ bukti identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dengan adanya fitur tersebut, maka dapat menimbulkan banyak permasalahan karena pemain berusia muda kebanyakan tak memiliki identitas formal.

Sebagai informasi, Fitur verifikasi usia pengguna telah diluncurkan mulai 21 September 2021 kemarin dan akan tersedia secara global. Selain itu, minimal usia pemain Roblox setidaknya berusia 13 tahun.