Reuni 212 Batal Diselenggarakan di Jakarta, Wagub DKI Jakarta : Keputusan Bijak Alumni 212

Pelaksanaan reuni 212 batal diselenggarakan di Jakarta, namun di Pondok Pesantren Az Zikra Bogor. Wagub DKI Apresiasi keputusan bijak para alumni 212

Reuni 212 Batal Diselenggarakan di Jakarta, Wagub DKI Jakarta : Keputusan Bijak Alumni 212
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria. Gambar : KOMPAS.com/ Dok. SINGGIH WIRYONO

BaperaNews - Reuni 212 yang sebelumnya dijadwalkan akan diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat batal dilakukan. Panitia penyelenggara memutuskan untuk mengadakan agenda tahunan tersebut di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor. Mendengar keputusan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi keputusan tersebut.

"Alhamdulillah, informasi yang kami terima teman-teman panitia sangat bijak dan adil, mencari solusi, yaitu berdasar informasi yang kami terima, akan diadakan di tempat Ustaz Arifin Ilham di Pondok Pesantren Az Zikra," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (29/11/2021) malam.

Sebelumnya, Riza sudah sejak lama mengaku menghormati rencana acara reuni tersebut. Namun dengan berulang kali ia meminta agar panitia berpikir ulang untuk menyelenggarakan reuni karena masih dalam situasi pandemi.

"Itu baik. Di sana kan ada masjid besar, tempat yang luas, jadi saya kira ini putusan kebijakan yang sangat baik," ujar Riza kepada wartawan di Balai Kota, Senin (29/11/2021).

"Inilah kelebihan teman-teman ulama, alumni 212 yang merespons keinginan alumni ingin berkumpul tapi juga mengambil keputusan yang sangat baik dan sangat bijak, tidak dilaksanakan di tengah kota yang masih ramai, tidak mengganggu ketertiban umum," jelasnya.

Riza juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan reuni yang dilakukan di Masjid Az-Zikra, Sentul ini dapat mengurangi potensi adanya penyusupan.

"Kalau di pondok pesantren, di masjid, insya Allah aman, damai, dan pasti mendapat ridho Allah," ujar Riza.

Riza menjelaskan bahwa sejak lama Pemprov DKI belum dapat menyanggupi keinginan Reuni 2021 untuk menggelar acara di Monas, karena Monas masih tutup. Sementara itu, untuk alternatif menggelar reuni di Patung Kuda pun tak diamini Polda Metro Jaya karena izin dari Satgas Covid-19 tidak keluar.

Riza mengklaim, keputusan menyelenggarakan Reuni 212 di Sentul tanpa intervensi pihak mana pun, termasuk dari jajaran Pemprov DKI.

"Saya nggak bilang (panitia) nggak dapat izin, mereka sendiri yang memutuskan yang bijak, yang baik. Inilah kelebihan para ulama kalau kumpul, akhirnya berunding, mengambil keputusan yang menurut saya sangat bijak," ungkap Riza.

Sebelumnya, persaudaraan Alumni 212 memutuskan untuk membatalkan acara tahunan Reuni 2021 pada 2 Desember 2021 mendatang, yang rencananya akan digelar di Lapangan Monas Jakarta.

Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menjelaskan, pelaksanaan Reuni 212 tahun ini bakal dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus   doa bersama untuk Almarhum Ustaz Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming," kata Slamet Maarif dalam keterangan tulis, Senin (29/11/2021).

Slamet juga menghimbau bagi Alumni 212 di berbagai daerah untuk membuat acara serupa dengan tetap menjaga ciri khas 212 dan menaati protokol kesehatan (Prokes).

"Mengimbau dan menginstruksikan kepada seluruh Alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan berupa pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," imbaunya.

Keputusan tersebut diambil usai pihak panitia 212 mendengarkan berbagai masukan dari para ulama.