Respon RSHS Bandung Soal Viral Pasien Cabut Gigi Bungsu Meninggal Dunia

RSHS Bandung memberikan tanggapan resmi terhadap kontroversi seputar kasus pasien yang meninggal setelah operasi. Baca selengkapnya di sini!

Respon RSHS Bandung Soal Viral Pasien Cabut Gigi Bungsu Meninggal Dunia
Respon RSHS Bandung Soal Viral Pasien Cabut Gigi Bungsu Meninggal Dunia. Gambar : Akbidgrahacirebon.com

BaperaNews - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memberikan tanggapan terhadap viralnya informasi mengenai pasien yang meninggal dunia setelah menjalani operasi cabut gigi bungsu. Kabar ini menjadi perhatian publik setelah diunggah oleh akun Instagram @latashaqntas, yang mengaku sebagai keluarga korban.

Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, Iwan Abdul Rachman, menyampaikan turut berduka cita atas kepergian pasien tersebut dan memberikan klarifikasi terkait informasi yang tersebar di media sosial.

Iwan menegaskan bahwa RSHS Bandung selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pasien.

"Pertama-tama saya mewakili civitas hospitalia RS Hasan Sadikin, mengucapkan turut berduka cita atas kepergian beliau semoga beliau diberikan tempat yang terbagi di sisi-Nya," kata Iwan pada Sabtu, (16/12).

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa RSHS telah melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien, bahwa pelayanan tersebut sesuai dengan standar prosedur yang berlaku di rumah sakit.

Baca Juga: Miris! Ibu Muda Ini Dianiaya Suami Hingga 2 Matanya Dioperasi

"Berkenaan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan. Pertama, RS Hasan Sadikin telah melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien. Pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar prosedur pelayanan yang ada di rumah sakit," ungkapnya.

Namun, Iwan menyayangkan adanya pihak yang membuat konten di media sosial tanpa melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit. Meskipun demikian, ia menganggap hal tersebut sebagai bentuk perhatian terhadap pelayanan rumah sakit.

"RSUP dr. Hasan Sadikin menyayangkan adanya pihak yang membuat konten di sosial media tanpa adanya klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit. Namun demikian kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian seluruh pihak terhadap pelayanan di rumah sakit," jelasnya.

Iwan juga mengajak dukungan dan doa dari masyarakat agar RS Hasan Sadikin dapat senantiasa berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh pasien. 

Seiring berjalannya waktu, diharapkan dapat terungkap dengan jelas kejadian sebenarnya dari operasi cabut gigi bungsu yang menyebabkan kematian pasien di RSHS Bandung. Pihak berwenang dan pihak rumah sakit diharapkan dapat bekerja sama untuk memberikan kejelasan dan kepastian kepada masyarakat.

Operasi gigi bungsu adalah prosedur medis umum, dan setiap kasus yang mengarah pada komplikasi atau kematian memerlukan peninjauan menyeluruh. 

Baca Juga: Dioperasi Tanpa Bius, Anak di Gaza Hanya Lafalkan Surat Al-Qur'an