Promotor Konser Dewa 19 Salahkan Parkir Liar di Sekitar JIS

Promotor konser Dewa-19 Salahkan Keberadaan Parkir Liar di Sekitar JIS atas Kepadatan Arus yang terjadi usai konser dilaksanakan.

Promotor Konser Dewa 19 Salahkan Parkir Liar di Sekitar JIS
Promotor Konser Dewa 19 Salahkan Parkir Liar di Sekitar JIS. Gambar: detik.com/Brigitta

BaperaNews - Promotor konser Dewa 19 di JIS, Rionaldo Liputo menyalahkan banyaknya jumlah parkir liar yang berada di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), sehingga membuat arus kepulangan penonton menjadi terhambat. 

Rionaldo Liputo yang juga CEO Redline Kreasindo menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk 70 ribu penonton konser Dewa 19 di beberapa titik. 

Selain itu, penonton konser Dewa 19 di JIS juga dapat menggunakan shuttle bus yang telah disediakan penyelenggara agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di lokasi acara. 

Akan tetapi, Rionaldo menilai masih banyak sejumlah parkir liar di sekitar JIS yang akhirnya membuat arus keluar dari stadion menjadi tersendat. 

Hal tersebut pula yang menyebabkan shuttle bus yang seharusnya membawa para penonton kembali ke kantong parkir juga ikut tersendat. 

Di sisi lain, seorang netizen dengan akun @adriansyahyasin menjelaskan bahwa menyelenggarakan acara besar di JIS ini merupakan bencana besar, sebanyak 75.000 penonton bubar dari stadion tanpa akses transportasi umum massal, tanpa kondisi parkir yang layak, serta tanpa akses trotoar yang layak.

Diketahui, keluhan netizen tak hanya mengenai parkir saja, mulai dari akses jalan yang masih ada gorong-gorong serta tak ada trotoar. Bahkan terdapat beberapa penonton yang terjeblos ke gorong-gorong yang penuh lumpur ketika jalan pulang.

Baca Juga : Jadwal Konser Dewa 19 Maret 2023: Lokasi, Tanggal, Serta Harga Tiket

Sementara itu, kantong parkir yang dimaksud oleh Rionaldo yakni parkir yang terletak di luar area JIS. Adapun untuk kantung parkir mobil terdapat di beberapa titik, sebagaimana dilansir dari unggahan promotor pada 27 Januari 2023.

Adapun lokasi pertama kantung parkir yaitu di Parkir Barat JIExpo Kemayoran dengan jarak sekitar 6 kilometer berjalan kaki dari JIS. Untuk akses lokasi parkir tersebut, pihak promotor telah menyediakan shuttle bus.

Kemudian lokasi kantong parkir kedua yakni yang berada di Jakarta International ePrix Circuit yang berada dengan jarak sekitar 3 kilometer berjalan kaki dari JIS. Pihak promotor juga menyediakan akses shuttle bus dari lokasi parkir tersebut.

Kemudian lokasi parkir ketiga ada di RSPI Sulianti Saroso dengan jarak 1,6 kilometer berjalan kaki dari JIS. Akan tetapi, pihak promotor tak menyediakan shuttle bus.

Selain itu ada juga kantong parkir yang berlokasi di Universitas 17 Agustus 1945 Sunter dan D'Arcici Hotel dengan jarak sekitar 2 kilometer berjalan kaki dari JIS.

Sementara itu lokasi parkir yang terdekat dari JIS yakni lokasi parkir ITF dengan jarak hanya 1 kilometer berjalan kaki. Ketiga lokasi parkir tersebut tidak disediakan shuttle bus oleh pihak promotor.

Di sisi lain, pengelola Jakarta International Stadium (JIS) yaitu Jakpro hanya menyampaikan segala masukan yang datang dari masyarakat terkait kekacauan arus pulang penonton konser Dewa-19 ini akan menjadi pembelajaran bagi pihaknya.

Syachrial Syarif selaku VP Corporate Secretary Jakpro menjelaskan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada perangkat kewilayahan yang telah ikut mendukung secara aktif kelancaran acara mulai dari tahap persiapan hingga penyelenggaraan acara.

Terakhir, Syachrial menjelaskan bahwa segala masukan yang ada akan menjadi pelajaran berharga untuk perbaikan di waktu yang akan datang. Selain itu, adanya kritik dan saran yang disampaikan, khususnya usai acara tersebut berlangsung, hal tersebut akan menjadi catatan perbaikan untuk penyelenggaraan acara selanjutnya.

Baca Juga : Jadwal Konser Februari 2023 Di Berbagai Kota Besar Di Indonesia