Program Kampus Mengajar Di Buka Lagi! Mahasiswa Dapat 20 SKS Pengganti

Tanpa kuliah di kampus, kamu dapat 20 SKS pengganti dengan ikut Program Kampus Mengajar dari Kemendikbud. Catat tanggal pendaftaran dan seleksinya!

Program Kampus Mengajar Di Buka Lagi! Mahasiswa Dapat 20 SKS Pengganti
Program kampus merdeka dari kemendikbud kembali digelar. Gambar : kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

BaperaNews - Pada hari Rabu (25/05/2022) kemarin, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan IV.

Mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar akan diarahkan untuk memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar.

Dalam Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 yang dilaksanakan pada kanal Youtube Ditjen Diktiristek pada Senin (23/05/2022), Wikan Sakarinto selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menjelaskan bahwa program kampus mengajar ini mengajak mahasiswa untuk dapat berkontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan dasar selama satu semester.

Sebagai informasi, Program Kampus Mengajar adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat belajar di luar kelas untuk memperkaya kompetensi mahasiswa.

Program Kampus Mengajar Angkatan IV ini membuka kesempatan untuk para mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi. Dengan adanya program ini, pemerintah berharap dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengasah keterampilan nonteknis (soft skills).

Selain itu, Wikan menyampaikan bahwa selama masa penugasan mahasiswa akan menghadapi berbagai tantangan yang nyata, akan banyak menghadapi ketidakpastian yang akan melatih jiwa kepemimpinan, inovasi, kreativitas, penyelesaian masalah, komunikasi, serta manajemen tim.

Dalam program Kampus Mengajar ini, mahasiswa akan turun langsung ke sekolah selama satu semester. Usai mengikuti program tersebut, nantinya mahasiswa akan direkognisi atau diberikan pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS).

Sebagai informasi, pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan IV ini berlangsung mulai 25 Mei - 5 Juni 2022. Sementara itu, proses seleksi akan berlangsung pada tanggal 26 Mei - 30 Juni 2022. 

Kemudian untuk pengumuman peserta yang lolos nantinya akan dilakukan pada 5 Juli 2022, dilanjutkan tahap koordinasi dengan dinas pendidikan dan sekolah serta kegiatan pembekalan. Pelepasan mahasiswa akan berlangsung pada tanggal 28 Juli 2022.

Para peserta program Kampus Mengajar ini akan mengikuti penugasan selama 4 bulan, yang dimulai pada 1 Agustus-2 Desember 2022. Sementara itu, acara penarikan akan dilakukan pada 5 Desember 2022.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat pada Instagram Kampus Mengajar @kampusmengajar; laman MBKM Program Kampus Mengajar, atau dengan klik link ini