Profil 4 Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Nusantara yang Disebut Jokowi

Presiden Jokowi beberkan 4 nama calon pemimpin Ibu Kota Negara Baru Nusantara, Siapa aja? Simak informasi lengkapnya dibawah!

Profil 4 Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru Nusantara yang Disebut Jokowi
Jokowi Sebut 4 Calon Pemimpin Ibu Kota Negara Baru. Gambar: Kompas.com/Daniel Pekuwali

BaperaNews - Ada banyak nama yang kini dipertimbangkan Presiden Jokowi untuk menjadi Calon Pemimpin atau Kepala Badan Otorita  Ibu Kota Negara Baru, mulai dari Ahok hingga Azwar Anas. Pembahasan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur kini sudah semakin matang dimana RUU IKN sudah resmi disahkan dan pembangunan tahap 1 akan segera dimulai, 500.000 PNS juga akan dipindahkan kesana secara bertahap, sehingga pemindahan ibu kota ini serasa sudah dekat di depan mata.

Pemerintah pun telah mengumumkan nama ibu kota negara baru yaitu Nusantara yang terungkap dalam pembuatan RUU IKN di Kompleks Parlemen Jakarta Senin 17 Januari 2022 lalu. Selain mengungkap  Ibu Kota Negara Baru, pemerintah juga mengungkap siapa saja kemungkinan yang akan menjadi calon pemimpin yang sebelumnya pernah disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi.

“Kandidat Calon Pemimpin memang banyak, ada Pak Bambang Brodjonegoro, Pak Ahok, Pak Tumiyana, juga Pak Azwar Anas” ungkap Jokowi di Istana Presiden Jakarta Senin 2 Maret 2020 lalu.

Pemerintah mengumumkan Presiden Jokowi akan mengumumkan dalam waktu dekat siapa pemimpinnya, namun hingga kini belum jelas siapa nama yang ditunjuk untuk menjadi pemimpin ibu kota negara baru.

Nantinya, ibu kota negara baru akan menjadi daerah otorita yakni diurus oleh lembaga setingkat kementerian, yang pemimpinnya ditunjuk dan bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden sedangkah Jakarta akan tetap menjadi Daerah Khusus.

Baca Juga: Ibukota "Nusantara", Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Resmikan Nama Ibukota Baru Indonesia

Ibu kota negara yang beru nantinya juga akan memiliki wakil pimpinan Yang juga ditunjuk dan diangkat oleh Presiden secara langsung. Jadi tidak dengan proses pemilu seperti daerah lain karena bentuknya otorita.

Berikut daftar calon pemimpin ibu kota baru :

  1.        Basuki Tjahja Purnama (Ahok)

Saat ini Ahok menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina, sebelumnya beliau pernah melalang buana sebagai pengusaha juga berperan di bidang politik.

Gaya kepemimpinannya yang lugas dan tegas membuatnya dihormati banyak pihak, meskipun pernah terkena kasus penistaan agama, tidak menghilangkan kekaguman dan pengakuan publik atas kinerja baiknya.

  1.       Abdullan Azwar Anas

Menjabat sebagai Kepala Pengadaan Barang Jasa, ia juga pernah menjadi Bupati Banyuwangi yang banyak mengukir prestasi hingga dikenal di kancah politik nasional karena berhasil menggenjot ekonomi dan pariwisata disana.

  1.       Bambang Brodjonegoro

Merupakan salah satu tokoh kepercayaan Presiden Jokowi, ia pernah menjadi Menteri Riset & Teknologi, ia dikenal jujur dan adil, tidak pandang bulu jika ada yang melakukan pelanggaran, siapapun itu akan diberi sanksi yang sesuai.

Saat ini ia menjabat sebagai Komisaris di berbagai perusahaan negara seperti PT Telkom Indonesia dan PT TOBA.

  1.       Tumiyana

Nama terakhir yang disebut Presiden Jokowi, ia pernah menjadi Menteri Keuangan dan saat ini menjabat sebagai komisaris PT Kereta Cepat Indonesia China. Ia dikenal gigih, selalu memberi inovasi untuk perusahaan yang dipimpinnya sehingga menjadi lebih maju dan berkelas.

Baca Juga: Demi RUU IKN Dibawa ke Paripurna, DPR Rapat 16 Jam Hingga Subuh