Polres Garut Siapkan 10 Bus Untuk Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya!

Polres Garut telah menyiapkan 10 Bus untuk melaksanakan program mudik gratis. Simak syarat, cara daftar, dan kota tujuan mudik gratis Polres Garut 2023.

Polres Garut Siapkan 10 Bus Untuk Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya!
Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Polres Garut. Gambar : Instagram.com/@polresgarut

BaperaNews - Polres Garut siapkan program mudik gratis bertajuk “Mudik Presisi Polres Garut 2023”. Tak ada syarat apapun, semua boleh ikut, cukup bawa KTP dan KK saja.

Pendaftaran mudik gratis Polres Garut dibuka mulai 4-17 April 2023. Sedangkan untuk jadwal keberangkatan mudik pada tanggal 19 April 2023.

Polres Garut saat ini telah menyiapkan 10 bus antar kota antar provinsi untuk program tersebut. “Kegiatannya gratis untuk semua warga yang ingin mudik, kami siapkan 10 bus dulu” tutur Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif pada Senin (3/4).

Program mudik gratis Polres Garut ini baru pertama kali dibuka di Polres Garut. Syarif mengungkap ide ini bermula dari banyaknya warga pendatang yang mencari pekerjaan di Garut dimana mereka tentu berharap bisa pulang kampung di Lebaran tahun ini.

“Kebetulan Pak Kapolda dan Pak Kapolres punya rencana mudik gratis ini” lanjutnya. Akhirnya diputuskan membuka program mudik gratis Polres Garut, pemudik akan diberangkatkan pada tanggal 19 April 2023 dari titik lokasi Polres Garut jam 07.00 WIB.

“Rute mudiknya saat ini baru dua jalur yakni selatan Jawa dan Utara Jawa” imbuhnya sambil menjelaskan daftar kota tujuan mudik gratis Polres Garut. 

Baca Juga : Polres Bogor Siapkan 10 Bus Untuk Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya!

Kota Tujuan Mudik Gratis Polres Garut

  1. Jalur selatan - Cilacap, Yogyakarta, Solo, Kebumen
  2. Jalur Utara - Sumedang, Majalengka, Cirebon, Indramayu

Syarif menegaskan mudik berlaku untuk semua warga, tidak hanya pendatang saja, semua yang ingin ikut boleh ikut, tanpa syarat dan biaya apapun, cukup bawa KTP saja.

“Tak cuma pedagang yang boleh ikut, siapapun boleh, cukup sertakan KTP dan tunjukkan tempat tujuan mudiknya. Semua pemudik rute jalur utara maupun selatan titik kumpul keberangkatannya di Polres Garut” pungkas Syarif.

Masyarakat yang hendak mendaftar bisa langsung datang ke Polres Garut di jam kerja dengan membawa KTP dan KK.

Diketahui di lebaran 2023 ini diperkirakan jumlah pemudik akan bertambah seiring dengan terus membaiknya kondisi kesehatan masyarakat, Covid-19 makin terkendali, PPKM juga telah dihapuskan. Maka pemerintah gencar melaksanakan program mudik gratis untuk mengurangi kepadatan lalu lintas akibat kendaraan pribadi pemudik.

Diharapkan mudik gratis Polres Garut ini bisa menarik minat warga untuk mudik dengan kendaraan umum agar lalu lintas di masa mudik lebaran 2023 mendatang bisa lebih aman dan nyaman bebas dari kemacetan parah.

Baca Juga : Pemkot Bandung Buka Mudik Gratis 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!