Cara Tukar Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

Remerintah RI mengeluarkan 7 uang rupiah kertas baru sebagai pengganti design yang lama, berikut cara tukar uang lama ke uang baru lewat Aplikasi Pintar.

Cara Tukar Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar
Cara tukar uang baru lewat Aplikasi Pintar. Gambar : Tangkapan Layar YouTube.com/Bank Indonesia

BaperaNews - Secara resmi, pemerintah mengeluarkan 7 uang rupiah kertas baru sebagai pengganti design yang lama. Pemerintah berikan cara tukar uang lama ke uang baru lewat Aplikasi Pintar. Aplikasi Pintar merupakan singkatan dari Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (Pintar). 

Aplikasi Pintar merupakan website yang di sediakan Bank Indonesia bagi yang ingin menukarkan uang dengan kondisi rusak/cacat, namun saat ini bisa digunakan juga untuk memesan Uang Baru.

Seperti diketahui, Pemerintah dan juga Bank Indonesia (BI) baru saja mengeluarkan desain pecahan uang kertas baru dengan total 7 desain baru.

"Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB," terang Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono dalam keterangannya pada Kamis (18/8/2022).

Nah tak sulit untuk menukarkan uang baru, karena lewat Aplikasi Pintar kita bisa dipandu untuk menukarkan uang baru Melalui Kas Keliling yang disediakan Bank Indonesia. 

Namun sayang, Aplikasi pintar saat ini hanya bisa diakses melalui website dan tidak bisa diunduh lewat Play Store maupun App Store.

Baca Juga : Kemenhub Undur Kenaikan Tarif Ojek Online

Berikut Cara Tukar Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar :

  1. Buka website https://pintar.bi.go.id/ atau Klik Disini
  2. Lalu pilih menu "Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling, dibawah kiri layar.
  3. Kemudian Pilih Provinsi kamu berada dan klik "Lihat Lokasi". 

  4. Lalu akan muncul berbagai domisili Kota atau Kabupaten, kamu bisa melanjutkan dengan menekan tombol "pilih" di lokasi yang kamu inginkan.

  5. Kemudian Isi data pemesan seperti nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP lalu masukan nomor HP dan alamat email, kemudian klik "lanjutkan".

  6. Setelah itu kamu bisa memilih kolom berwarna Ungu yakni "Uang Rupiah TE 2022".

  7. Nah di Website Pintar telah disediakan penukaran per paket, satu paket senilai Rp 200.000 yang terdiri dari
    1. 1 Lembar Uang Rp. 100.000
    2. 1 Lembar Uang Rp. 50.000
    3. 1 Lembar Uang Rp. 20.000
    4. 1 Lembar Uang Rp. 10.000
    5. Lalu ada 2 lembar Rp 5.000, 4 lembar Rp 2.000 dan 2 lembar Rp 1.000
  8. Jangan lupa untuk Klik checkbox 'I'm not a robot' dan klik 'Pesan'.
  9. Kemudian akan ada muncul ketentuan penukaran sesuai lokasi dan jadwal yang telah ditentukan, kamu perlu catat dan bisa download bukti pemesanan.

Itulah dia cara tukar uang baru lewat aplikasi Pintar, kamu bisa Tukar Uang Lamamu dengan Design baru yang dikeluarkan Bank Indonesia. Buruann!!!

Baca Juga : BI Luncurkan 7 Uang Kertas Rupiah Baru, Uang Lama Masih Bisa Dipakai Ga?