Pesawat Jatuh dan Terbakar di Tol Belanda, Pilot Dikabarkan Tewas

Sebuah pesawat kecil jatuh di jalan tol A58 dekat Kota Breda, Belanda, mengakibatkan pilotnya tewas.

Pesawat Jatuh dan Terbakar di Tol Belanda, Pilot Dikabarkan Tewas
Pesawat Jatuh dan Terbakar di Tol Belanda, Pilot Dikabarkan Tewas. Gambar: Kolase tangkapan Layar X/@FaanenFM

BaperaNews - Pesawat kecil jatuh di jalan tol yang sedang padat dan mengakibatkan pilotnya tewas. Peristiwa ini terjadi tanggal 31 Juli di dekat Kota Breda, bagian selatan Belanda. Menurut laporan yang dilansir dari The Straits Times pada Kamis (1/8), pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 12.45 siang waktu setempat.

Lokasi kecelakaan berada di jalan tol A58 dari Breda menuju Roosendaal, yang berjarak sekitar 60 kilometer di sebelah selatan Rotterdam.

"Sebuah pesawat jatuh di jalur A58 dari Breda menuju ke arah Roosendaal," kata Wilayah Keselamatan Brabant Barat-Tengah di situs webnya.

Sayangnya, pilot yang merupakan satu-satunya orang di dalam pesawat tersebut dinyatakan meninggal dunia. Hingga saat ini, pihak berwenang belum mengungkapkan jenis pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

"Sayangnya, si pilot yang juga menjadi satu-satunya orang di dalam pesawat meninggal dunia," kata pernyataan resmi dari Badan Keselamatan Regional Brabant Tengah-Barat.

Tidak ada laporan mengenai korban luka lainnya dalam insiden ini. Foto-foto yang diposting di media sosial menunjukkan bangkai pesawat yang terbakar dan puing-puing yang berserakan di jalan tol. 

Lalu lintas di lokasi kejadian telah diblokir oleh layanan darurat dari kedua sisi jalan untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Nepal, 18 Orang Dikabarkan Tewas

Seorang saksi mata yang tidak disebutkan namanya memberikan kesaksiannya kepada media lokal, Omroep Brabant. Ia menyatakan bahwa dirinya melihat sesuatu seperti pesawat dan kemudian jatuh.

"Tiba-tiba saya melihat sesuatu turun. Ternyata tu adalah pesawat," kata saksi tersebut.

Jalan raya A58 tempat kejadian berlangsung ditutup selama sisa hari untuk proses evakuasi dan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang. Logo sekolah penerbangan lokal terlihat pada reruntuhan pesawat, menunjukkan bahwa pesawat tersebut kemungkinan besar milik salah satu sekolah penerbangan di daerah tersebut.

Peristiwa ini mengingatkan kita pada beberapa kecelakaan penerbangan lainnya yang pernah terjadi di Belanda. Salah satunya adalah kecelakaan pada tahun 2009, ketika sebuah pesawat jet penumpang Turkish Airlines jatuh saat mendekati Bandara Schiphol.

Kecelakaan tersebut menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 80 lainnya. Penyelidik menemukan bahwa penyebab kecelakaan adalah altimeter yang rusak.

Pada tahun 1992, sebanyak 43 orang tewas ketika sebuah pesawat Boeing 747 milik maskapai Israel, El Al, menabrak sebuah blok apartemen di daerah Bijlmermeer, Amsterdam, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Schiphol. 

Baca Juga: Pernah Jatuh di Indonesia, Pesawat Sukhoi Superjet 100 Jatuh di Moskwa