Pertemuan Jokowi-AHY di Istana: Sinyal AHY Jadi Menteri Pertanian?

Presiden Jokowi Dan AHY membenarkan telah bertemu di Istana Kepresidenan. Pertemuan tersebut menimbulkan spekulasi apakah AHY akan menjadi calon menteri pertanian (Mentan) baru.

Pertemuan Jokowi-AHY di Istana: Sinyal AHY Jadi Menteri Pertanian?
Pertemuan Jokowi-AHY di Istana: Sinyal AHY Jadi Menteri Pertanian?. Gambar : Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

BaperaNews - Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi membenarkan telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2023). Pertemuan tersebut menimbulkan spekulasi apakah AHY akan menjadi calon menteri pertanian (Mentan) baru.

Sebelumnya, posisi Mentan menjadi sorotan setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri. Sebagai pelaksana tugas (Plt), Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menduduki posisi tersebut. Menyusul isu reshuffle kabinet yang berhembus kencang, pertemuan di Istana antara Jokowi dan AHY ini menjadi sorotan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Temui AHY di Kediamannya, Minta Restu Demokrat?

Jokowi mengungkapkan bahwa pembicaraan dengan AHY adalah hal yang biasa dilakukan saat bertemu dengan partai politik. "Ya biasa, ya pertemuan silaturahim," ujar Presiden Jokowi setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Bukan hanya pertemuan yang menjadi sorotan. Sehari setelah pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta, AHY mengunggah video yang menyoroti pentingnya sektor pertanian di Indonesia. Hal ini menambah kuat dugaan bahwa AHY mungkin akan mengisi jabatan Menteri Pertanian yang ditinggalkan oleh Syahrul Yasin Limpo.

Partai Demokrat, melalui Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, menyatakan bahwa reshuffle kabinet sepenuhnya adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. "Reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden, kami tak ingin mengomentari dan berandai-andai,” kata Kamhar saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (24/10).

Sebagai tambahan, AHY juga memposting foto dirinya saat memanen apel, salah satu produk pertanian unggulan dari Jawa Timur. Melalui postingan tersebut, AHY mengajak masyarakat untuk selalu mengonsumsi produk pertanian lokal. "Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju," tambahnya.

Dalam postingannya, AHY juga menyinggung perlunya inovasi dan ketersediaan pupuk. Menurutnya, Demokrat akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian.

Pertemuan antara Jokowi dan AHY ini tentu meninggalkan banyak pertanyaan, terutama dengan beredarnya isu reshuffle kabinet dan kosongnya posisi Mentan. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Resmi! Partai Demokrat Gabung Koalisi Indonesia Maju