Peran Baru Teknologi Drone dalam Video Wonderful Indonesia 2022

Pembuatan video wonderful Indonesia 2022 yang berjudul "Jiwa Jagad Jawi” melibatkan peran baru yakni teknologi drone untuk memperindah hasil rekaman tersebut.

Peran Baru Teknologi Drone dalam Video Wonderful Indonesia 2022
Ilustrasi Drone. Gambar : Pixabay.com/Dok. Pexels

BaperaNews - Video baru Wonderful Indonesia 2022 yang berjudul “Jiwa Jagad Jawi” nampak begitu indah dan terlihat canggih dalam proses perekamannya, memang dalam pembuatannya melibatkan peran baru teknologi drone yang tak hanya terbatas mengambil aerial video dari atas namun juga menjadi alat pencahayaan untuk video yang direkam tersebut.

Drone lightning namanya yang dipakai dalam produksi iklan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dibuat untuk mempromosikan kekayaan budaya, keindahan alam, dan nilai sejarah di dalamnya yang fokus pada area Jawa Tengah.

Kerja drone lighting nampak diantaranya pada menit ke 2,05 yang memperlihatkan seorang wanita menari di tengah hutan dengan iringan cahaya dan pohon-pohon yang bergerak. Ada juga di menit ke 3,32 tentang stupa di Candi Borobudur.

Drone lightning ini dikembangkan oleh Startup teknologi drone yang berpusat di Yogyakarta, ia bekerja dengan membawa lampu LED yang mampu menghasilkan cahaya dalam aspek tertentu sesuai kebutuhan pengambilan gambar.

Baca Juga : RI Borong 42 Jet Prancis, Amerika Serikat Setuju Jual 36 Pesawat ke Indonesia

Dalam perancangan khusus ini, tim Frogs Indonesia yang jadi pembuat video wonderful Indonesia 2022 harus bisa mempertimbangkan berapa daya dan berat yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu LED, akhirnya drone lightning bisa terbang 20 menit dengan ketinggian 120 meter di atas tanah sembari menghasilkan pancaran cahaya 95+ 6000 lumen cahaya dengan kebutuhan daya 1500 W.

Cahaya yang dihasilkan warnanya putih maksimal dana mat terang sehingga dinilai sangat baik walaupun cahaya tersebut ditembakkan dari ketinggian maksimal. “Drone lightning ini jadi satu-satunya yang ada di Indonesia yang dipakai dalam proses pengambilan gambar profesional yang kini kita bisa sama-sama nikmati hasilnya” ujar Dede Satria Maulana, Chief Business Development Officers Frogs Indonesia.

“Cuplikan video wonderful Indonesia 2022 diambil dengan teknologi yang sama, drone tidak membawa kamera namun ia membawa cahayanya” bunyi keterangan tertulis yang disampaikan Dede dalam video. Dalam pembuatannya, sudah dilakukan diskusi dengan tim operasional, berapa cahaya yang dibutuhkan dalam pengambilan gambar tersebut untuk memenuhi berbagai standar yang ditetapkan seperti color rendering index dan tingkat cahaya lumennya.

Video wonderful Indonesia 2022 yang berjudul Jiwa Jagad Jawi bisa dilihat di kanal Youtube resmi Kementrian Pariwisata yang berdurasi 8 menit 11 detik, sejak diunggah pada 5 Februari 2022, sudah ditonton lebih dari 20.000 kali.

Baca Juga : Mengenal Metaverse, Teknologi untuk Ibadah Haji Yang Dinilai Tidak Sah