Penyakit Strep A Tewaskan 8 Anak Di UK, Simak Gejala Strep A!

Sejumlah anak di United Kingdom (Britania Raya) meninggal dunia karena penyakit Strep A (streptococcus). Berikut gejala Strep A yang harus diwaspadai!

Penyakit Strep A Tewaskan 8 Anak Di UK, Simak Gejala Strep A!
Penyakit Strep A tewaskan 8 anak di UK. Gambar : Freepik.com/Dok. rawpixel.com

BaperaNews - Pelonggaran pembatasan terkait Covid-19 di United Kingdom (Britania Raya) ternyata bukan akhir segalanya. Pihak kesehatan setempat mencatat sejumlah anak di Inggris meninggal dunia karena penyakit Strep A (Streptococcus). 8 anak di United Kingdom telah tewas akibat penyakit ini, 7 dari Inggris dan 1 dari Wales.

Strep A ialah penyakit yang ditimbulkan bakteri Streptococcus yang bisa menyebabkan infeksi beragam, biasanya yang diserang tenggorokan atau kulit. Banyak orang jadi pembawa dari bakteri ini dan mereka tidak sadar, padahal, mereka adalah kemungkinan terkena penyakit Strep A. Sebab tersebarnya Strep A kepada orang yang beresiko tertular.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga beresiko terkena Strep A, namun gejala Strep A yang dialami biasanya lebih ringan.

Strep A bisa menular secara langsung atau dari bersin dan batuk penderitanya. Penyakit Strep A banyak ditemukan di tempat umum seperti sekolah atau panti jompo.

Baca Juga : Wabah Fentanil Serang AS, 100 Ribu Lebih Warga AS Tewas

Gejala Strep A :

  • Sakit tenggorokan
  • Infeksi atau ruam kulit
  • Demam tinggi
  • Nyeri otot
  • Scarlet fever

Scarlet fever ialah demam yang mirip flu, gejalanya suhu tubuh naik, sakit tenggorokan, dan kelenjar di leher bengkak. Scarlet fever lebih mudah dideteksi pada orang yang berkulit terang, pada orang berkulit gelap bisa dideteksi dengan meraba kulit, yakni kulit teraba seperti sandpaper atau amplas. Penyakit ini juga bisa dideteksi dari lidah, lidahnya memerah seperti buah stroberi.

Strep A sebenarnya tidak berbahaya, namun bisa mematikan ketika melewati pertahanan atau kekebalan tubuh, biasanya hal ini terjadi pada pasien yang sebelumnya memang sudah sakit atau sedang menjalani perawatan misalnya terapi kanker yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuhnya.

Tanda penyakit Strep A menjadi parah ialah demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius dan nyeri otot parah. Orang tua yang mendeteksi gejala Strep A pada anaknya diharap untuk segera datang ke dokter, begitu pola jika ada yang kontak dengan penderita Strep A.

Hingga kini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit Strep A, namun penyakit ini masih bisa diatasi dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Berobat ke layanan kesehatan ialah yang terbaik dalam menangani anak sakit, hindari memberi obat sendiri tanpa resep dokter.

Baca Juga : Ilmuwan Prancis Hidupkan Virus Zombie Berusia 50 Tahun