Pemerintah Akan Bagikan 680.000 Rice Cooker Gratis Ke Masyarakat

Pemerintah akan bagikan 680.000 unit rice cooker gratis kepada masyarakat pada program penanak nasi. Berikut syarat jadi penerima bantuan rice cooker gratis.

Pemerintah Akan Bagikan 680.000 Rice Cooker Gratis Ke Masyarakat
Pemerintah akan bagikan 680.000 rice cooker gratis ke masyarakat. Gambar : Freepik.com/Dok. Doomu

BaperaNews - Subkoordinator Fasilitas Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan Direktorat Pembinaan Pengusahaan Kelistrikan kementerian ESDM Edy Pratiknyo menyampaikan pemerintah akan membagikan alat penanak nasi atau rice cooker kepada masyarakat.

“Ini baru pembahasan, belum sampai publish, bantuan penanak nasi atau e-cooking” ujarnya pada Jumat (25/11). Disebutkan bantuan penanak nasi listrik (BPNL) ini sebanyak 680 ribu unit yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM 2023.

Penggunaan rice cooker ini tidak membutuhkan penambahan daya listrik, nilai paketnya Rp 500 ribu per keluarga, penerima sesuai dengan data di Kemensos.

“Bantuan program penanak nasi ini rencananya ada 680 ribu unit, disalurkan ke masyarakat, kelompok penerima manfaat acuannya dari Kemensos” jelasnya.

Tujuan program penanak nasi ini untuk mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan jumlah konsumsi listrik per kapita, dan menghemat biaya memasak bagi masyarakat.

Baca Juga : Mendag Minta Bulog Segera Impor Kedelai Untuk Stabilkan Harga Tahu & Tempe

Syarat Penerima Bantuan Rice Cooker Gratis :

  1. Termasuk kategori rumah tangga miskin dengan daya listrik 450 – 900 VA, masuk sebagai daftar penerima bantuan sosial di Kemensos.
  2. Masyarakat yang memiliki daya listrik lebih dari 900 VA juga bisa menjadi penerima namun dengan validasi kepala desa terlebih dahulu.
  3. Memiliki sistem kelistrikan rumah yang andal.

Edy kemudian merinci, jika memasak nasi dengan kompor gas, butuh energi 2,4 kg per bulan yang totalnya Rp 16.800. Sedangkan jika memasak nasi dengan rice cooker, hanya butuh energi 18,8 kWh per bulan atau Rp 10.396, maka lebih hemat.

“Nanti akan  dikalikan penerima manfaatnya di seluruh Indonesia” tutupnya.

Rice cooker sendiri saat ini menjadi salah satu alat rumah tangga yang umum dimiliki masyarakat menengah, menengah ke atas, dan masyarakat kaya atau mampu. Rice cooker dianggap sebagai alat penanak nasi yang paling praktis. Namun, bagi masyarakat miskin menanak nasi sebagian besar masih memakai kompor baik itu kompor gas maupun kompor tungku yang membutuhkan lebih banyak waktu dan energi lebih besar.

Diharapkan dengan adanya rice cooker gratis ini, masyarakat bisa menanak nasi dengan lebih mudah dan cepat serta hemat energi. Belum diketahui kapan tepatnya program penanak nasi akan dilaksanakan. Yang jelas program baru akan dijalankan pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga : Begini Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis Dari Pemerintah!