Naik KRL Bisa Tanpa Kartu Uang Elektronik, Simak Caranya!

Direktur Utama PT KCI menyampaikan bahwa mulai hari ini pengguna transportasi KRL tidak perlu menggunakan kartu uang elektronik, mau tau caranya? Simak cara lengkapnya dibawah ini!

Naik KRL Bisa Tanpa Kartu Uang Elektronik, Simak Caranya!
Direktur Utama PT KCI menyampaikan bahwa mulai hari ini pengguna transportasi KRL tidak perlu menggunakan kartu uang elektronik, mau tau caranya? Simak cara lengkapnya dibawah ini! Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. Fakhri Hermansyah

BaperaNews - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Umumkan mulai hari ini (24/06/2022) pengguna moda transportasi kereta rel listrik (KRL) untuk wilayah Jabodetabek tidak perlu lagi menggunakan kartu uang elektronik.

Roppiq Lutzfi Azhar selaku Direktur Utama PT KCI menyampaikan bahwa berkat kerjasama antara pihaknya dengan layanan transportasi Gojek membuat kalian para pengguna KRL semakin dimudahkan dalam mengakses layanan KRL.

"Ini agar mempermudah masyarakat untuk dapat menikmati dan mengakses layanan KRL. Ini kan tanggung jawab BUMN yang punya misi sosial untuk membantu pemerintah supaya fungsi ekonomi dan sosial dapat berjalan makin baik," tuturnya dalam konferensi pers di Stasiun Juanda Jakarta, pada Rabu (22/6/2022).

Ia menilai bahwa kerja sama terkait sistem pembayaran ini sudah dijajaki sejak lama dan baru bisa terealisasi saat ini. Dengan demikian, mulai hari ini masyarakat dapat naik KRL tanpa menggunakan kartu uang elektronik.

Selajan dengan itu, Head of Indonesia Sales & Ops Gojek Catherine Hindra Sutjahyo menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan slot lebih dari 1 juta tiket per hari untuk para pengguna KRL.

“Ini satu langkah lebih dekat lagi dimana tiket KRL hingga 1,2 juta per hari bisa dibeli di GoTransit di aplikasi Gojek. Di aplikasi kita kan moda transportasi itu nyambung gitu jadi mereka bisa beli di satu aplikasi semua tiketnya,” jelas Catherine.

Baca Juga : Kabar Baik! Minyak Goreng Rp 14 Ribu Segera Muncul Di Minimarket

GoTransit sendiri merupakan fitur di aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

Kerjasama antara Gojek dengan PT KCI membuat masyarakat yang ingin naik kereta dapat membeli tiketnya melalui aplikasi Gojek dengan fitur GoTransit dan tidak perlu lagi menggunakan kartu uang elektronik. 

Berikut cara memesan tiket KRL menggunakan aplikasi Gojek:

  1. Buka aplikasi Gojek pada ponsel anda
  2. Pastikan terdapat saldo Gopay yang mencukupi dalam aplikasi Gojek
  3. Lalu pilih fitur GoTransit
  4. Dilanjutkan dengan memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan
  5. Setelah menentukan tujuan, kamu dapat membayar menggunakan Gopay
  6. Lalu Barcode tiket akan muncul setelah transaksi pembayaran selesai
  7. Selanjutnya, Barcode dapat dipindai di mesin tap masuk KRL.