Mari Lebih Mengenal Macam-Macam Love Langauge, Yang Mana Love Languagemu?

Mengenal beragam macam Love Language atau bahasa cinta , Ternyata ada berbagai cara seseorang mengungkapkan dan mengekspresikan rasa cintanya. Dengan belajar hal ini, kamu jadi lebih tau bagaimana harus memperlakukan pasanganmu. Inget ya, harus punya pasangan hehehhe

Mari Lebih Mengenal Macam-Macam Love Langauge, Yang Mana Love Languagemu?
Ilustrasi pasangan kekasih, Gambar : Glamour.com

BaperaNews - Love Language atau bahasa cinta merupakan cara untuk seseorang mengekspresikan rasa cintanya. Konsep love language ini pertama dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman merupakan penulis yang berasal dari Amerika. Ia mengembangkan lebih lanjut perihal konsep komunikasi dalam suatu hubungan. Dalam bukunya yang berjudul Five Love Language Gary mengenalkan bahwa ada lima bahasa cinta yang dapat digunakan untuk berbagai jenis hubungan. Seperti: hubungan romantic, keluarga, sampai hubungan pertemanan.

Konsep love language adalah ketika seseorang tidak mendapatkan apa yang sesuai dengan love language dari partner hubungannya ia akan merasa tidak dicintai dengan baik. Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui bahasa cinta diri sendiri maupun orang-orang disekitar. 

Nah, Dr. Gary Chapman mengelompokkan love language menjadi 5 jenis yaitu:

  1. Words of Affirmation

Dengan orang yang memiliki bahasa cinta Words of Affirmation ia akan senang atau merasa dicintai ketika mendengar kalimat-kalimat yang positif seperti apresiasi, pujian, perhatian, ataupun kalimat yang mengekspresikan rasa sayang. Walaupun terdengar sedikit klise, bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta Words of Affirmation kalimat-kalimat yang positif cukup membuat mereka senang. Penting untuk selalu mengatakan pada mereka bahwa kita peduli dan menyayangi mereka. Namun, kamu tetap harus jujur dengan kalimat-kalimat yang kamu ucapkan untuk mereka.

  1. Quality Time 

Untuk kamu yang senang menikmati waktu bersama orang tercinta, bisa dibilang love language mu adalah Quality Time. Jika kamu memiliki pasangan yang dengan karakter love language Quality time itu artinya mereka akan merasa dicintai dan dihargai ketika kita dapat meluangkan waktu atau menghabiskan waktu bersama mereka. Komunikasi menjadi hal yang krusial ketika kamu memiliki bahasa cinta ini. 

  1. Receiving Gifts

Untuk bahasa cinta ini, kamu akan merasa senang atau merasa dicintai ketika kamu mendapatkan hadiah. Mungkin terlihat seperti materialistis, namun tidak semuanya benar. Hadiah yang diberikan tidak melulu soal hadiah yang mahal. Tapi lebih kepada makna dari pemberian hadiahnya. Dengan kata lain, memberikan hadiah ini menggambarkan bahwa kamu selalu memikirkan dan peduli dengan kebahagiaan mereka

  1. Acts of Service

Acts of Service merupakan bahasa cinta yang lebih mengarah pada “Talk less do more” atau seperti gak perlu terlalu banyak omong tapi cukup lakukan saja. Mulai dari hal terkecil hingga besar. Seperti mengantarkan pulang, menyiapkan makanan, ataupun perlakuan-perlakuan lainnya. dengan begitu, ia yang memiliki bahasa cinta Acts of Service akan merasa dicintai dan dihargai dengan sepenuh hati. Maka dari itu, penting untuk kamu melakukan tindakan nyata dalam menunjukan cinta dan perhatian dalam bentuk yang konkret.

  1. Physical Touch

Bahasa cinta ini tidak harus berbau negatif, lebih mengarah kepada keintiman. Kamu yang memiliki bahasa cinta ini memerlukan afeksi dari pasanganmu agar merasa dicintai dan dihargai dengan baik. Sentuhan-sentuhan itu seperti bergandengan tangan, pelukan sederhana, ataupun sekedar menyadarkan kepala di bahu pasangan. Bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta Physical Touch sentuhan fisik akan menjadi lebih penting ketimbang kata-kata yang puitis 

Nah, dari 5 penjelasan mengenai love language ataupun bahasa cinta. Mana yang sekiranya lebih dominan pada diri kamu?