Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya

Minyak ikan dikenal punya banyak khasiat, berikut manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh bahkan hingga kesehatan mental

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya
Ilustrasi minyak ikan, Gambar : Shurkin_son/freepik.com

BaperaNews - Minyak ikan mempunyai banyak sekali manfaat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya kesehatan fisik saja, melainkan kesehatan mental pun juga ikut terjaga. Di dalam minyak ikan terkandung omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan omega 3 tersebut, WHO menganjurkan untuk memenuhi kebutuhan omega 3 tersebut bisa dengan makan beberapa jenis ikan setidaknya 1 hingga 2 porsi makanan setiap minggunya. Ikan yang kaya omega 3 antara lain ikan teri, makarel atau pun ikan tuna. Namun jika kalian merasa sulit mendapatkannya, bisa menggantinya dengan menggunakan minyak ikan. 

Beberapa manfaat minyak ikan di bawah ini bisa kalian simak, salah satunya baik lho untuk ibu hamil.

1.Berdampak Baik Bagi Ibu Hamil

Awal masa kehidupan seorang bayi, membutuhkan omega 3 untuk mendukung perkembangannya. Untuk itu mendapatkan asupan omega 3 yang cukup, sangatlah penting. Terlebih lagi pada masa hamil hingga menyusui.

2.Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu penyakit mematikan di dunia ialah penyakit jantung. Untuk menurunkan resiko terserang penyakit jantung, kalian bisa mengkonsumsi minyak ikan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. 

3.Mengatasi Gangguan Mental

Beberapa gangguan mental, ternyata bisa dicegah atau bahkan diatasi dengan mengkonsumsi minyak ikan. Beberapa gangguan mental yang bisa diatasi antara lain seperti bipolar hingga skizofrenia.

4.Menurunkan Berat Badan

Kalian yang ingin mendapatkan berat badan ideal, memastikan kebutuhan minyak ikan yang cukup bisa membantu menurunkan berat badan.

5.Menjaga Kesehatan Mata

Resiko gangguan dan penyakit pada mata, bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi minyak ikan.

6.Mengurangi Peradangan 

Peradangan merupakan proses dimana bagian tubuh melakukan pengobatan terhadap cedera atau pun melakukan perlawanan terhadap infeksi. Dalam upaya meringankan peradangan, minyak ikan bisa membantu mengatasinya.

7.Menjaga Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kesehatan kulit pasti akan semakin menurun. Terlebih lagi jika biasa terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk tetap menjaganya, kalian bisa mengkonsumsi minyak ikan.

8.Meringankan Gejala Depresi

Orang yang sedang mengalami kondisi depresi berat, dari hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa kadar omega 3 dalam tubuhnya sangat rendah. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, dapat memperbaiki kondisi tersebut.

9.Mengatasi Hiperaktif Anak

Kondisi anak yang hiperaktif, ternyata bisa diatasi dengan memberikannya minyak ikan.

10.Mengatasi Gejala Asma

Asma yang pada dasarnya berdampak pada pembengkakan di bagian paru – paru dan umumnya terjadi pada bayi, bisa diatasi dengan minyak ikan.

Beberapa informasi mengenai manfaat minyak ikan di atas, diharapkan bisa menambah wawasan kalian semua.