Longsor di Padang, Puluhan Mayat Keluar Dari Kuburan

Cuaca ekstrim terjadi di kota Padang pada Jumat (14/7) mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang membuat pemakaman rusak hingga mayat yang telah terbungkus kain kafan muncul ke permukaan tanah.

Longsor di Padang, Puluhan Mayat Keluar Dari Kuburan
Jenazah berkain kafan keluar akibat longsor di pemakangan Padang. Gambar : MPI/Dok. Rus Akbar

BaperaNews - Cuaca ekstrim yang terjadi pada kota Padang pada Jumat (14/7) mengakibatkan banjir terjadi di hampir seluruh wilayah ibu kota Sumatera Barat tersebut. Di beberapa daerah bahkan banjir mencapai ketinggian 1-2 meter. Warga pun dievakuasi oleh tim gabungan dengan perahu karet.

Selain banjir, tanah longsor di Padang juga terjadi di sebuah pemakaman kaum adat Padang yang lokasinya di seberang Padang.

Longsor membuat tanah makam di pemakaman rusak, bahkan mayat yang telah terbungkus kain kafan muncul ke permukaan tanah, sejumlah mayat keluar dari kuburan.

“Kepada seluruh keluarga Koto Anau yang keluarganya dimakamkan di Padam Pekuburan Seberang Padang, saat ini terjadi longsor di Padang tepatnya di Padam Pekuburan Seberang Padang. Sudah banyak mayat keluar dari kuburan karena longsor dan banjir” bunyi seorang warga yang merekam kondisi tanah makam.

Video tersebut awalnya beredar di grup WhatsApp kemudian beredar di media sosial. Video berdurasi 54 detik itu menunjukkan mayat berkain kafan yang muncul ke permukaan hingga kondisi tanah makam yang rusak akibat longsor.

Di kota Padang sendiri, banjir terjadi di sejumlah perumahan. Salah satunya di Perumahan Griya Kubu Utama Kelurahan Tabiang Banda Gadang Kecamatan Nanggalo dengan ketinggian air 60 vm. Semua wilayah dataran rendah juga hampir semuanya banjir yaitu di kawasan berikut.

Baca Juga : Geger Penemuan Mayat Wanita Tengah Hamil Di Kontrakan Jakbar

Kawasan yang Terdampak Banjir di Padang:

  • Gantiang Parak Gadang RW 06. Ketinggian air ± 50 cm.
  • Jl. Kp Nias 1 Kelurahan Ranah Parak Rumbio Kecamatan Padang Selatan. Ketinggian air ± 50 cm.
  • Jl. Palangka Raya No.2, Ulak Karang Selatan, Kec. Padang Utara, Kota Padang. Ketinggian air ± 30 cm.
  • Jl Raya Jondul Rawang ketinggian air ± 100 cm.
  • Jl. Jati Rawang RT 01 RW 01 Kelurahan Jati masuk dari rumah Makan Abak. Ketinggian air ± 100 cm.
  • Jl. Karet Kelurahan Bandar Purus.
  • Gurun Laweh RT 05 RW 01 No. 79.
  • Jln. Merpati  ,RT 05 RW 11 Kelurahan dadok tunggul hitam , Kecamatan Koto Tangah.
  • Kompleks Perumahan Kharisma, Kelurahan Koto Baru Nan XX dekat sungai.
  • Jl. Pemancungan no. 26 Belakang SDN 32/27 Pemancungan, Kelurahan Pasa Gadang.
  • Dekat kantor Lurah Lubuk Buaya Kelurahan Batipuh Panjang, Kampuang Jambak Dalam Kecamatan Koto Tangah.
  • Sejumlah wilayah di Tabing, Batipuh Panjang, DPR Ujung hingga Tunggul Hitam
  • Gang 1 RT 03/09  dekat Masjid Muhajirin. Satu rumah tertimpa, tiga pohon tumbang di Jalan Raya By Pass Sungai Sapih.

Kapolsek Padang Selatan AKP Nanang Irawadi membenarkan informasi tersebut, memang ada laporan dari warga terkait rusaknya sebuah pekuburan akibat banjir dan longsor di Padang.

“Diterjang longsor akibat hujan deras, kami sudah ke lokasi dan memang ada sejumlah mayat keluar dari kuburan. Kami masih di lapangan untuk menggali informasi dan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait” beber Nanang Irawadi.

Baca Juga : Fakta Dari Viralnya Video Perangkat Desa Antar Jenazah Ke Pemakaman, Diduga Tak Ada Tetangga yang Mau Melayat