Kronologi Balita Tersiram Minyak Panas di Yogyakarta yang Kini Dirawat di ICU

Balita mengalami luka bakar serius setelah tersiram minyak panas di Pasar Legi, Kotagede. Saat ini, korban sedang dirawat intensif di RSUD Yogyakarta. Simak selengkapnya di sini!

Kronologi Balita Tersiram Minyak Panas di Yogyakarta yang Kini Dirawat di ICU
Kronologi Balita Tersiram Minyak Panas di Yogyakarta yang Kini Dirawat di ICU. Gambar: Kolase Tangkapan Layar X/@folkshitt

BaperaNews - Seorang balita tersiram minyak panas di sebuah pasar di Kotagede, Yogyakarta. Kejadian ini mengakibatkan luka serius pada balita tersebut, yang saat ini sedang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) di RSUD Yogyakarta. 

Peristiwa balita tersiram minyak panas ini terjadi pada Senin malam (20/5) di Pasar Legi, Kotagede, Kota Yogyakarta. Seorang pengendara sepeda motor, yang kemudian diidentifikasi sebagai A (27), bersama dengan istrinya W (30), dan anak mereka yang berusia 3 tahun, F, hendak membeli gorengan di salah satu penjual di pasar tersebut.

Namun, sepeda motor yang mereka kendarai menabrak sebuah kompor penggorengan yang sedang dipakai oleh penjual gorengan, menyebabkan minyak panas tumpah dan mengenai F.

"Sewaktu bapaknya mengambil uang di kantong celana untuk membayar gorengan, anaknya memegang gas sepeda motor. Pada waktu itu, sepeda motor dalam keadaan hidup," ungkap AKP Sujarwo, Kepala Seksi Humas Polresta Yogyakarta.

Akibatnya, F mengalami luka bakar serius sebesar 64 persen, sedangkan A mengalami luka bakar sebesar 11 persen pada kaki dan tangan.

Pemilik akun @merapi_uncover turut membagikan rekaman CCTV detik-detik kejadian tersebut, yang kemudian menjadi viral di media sosial. Rekaman tersebut menunjukkan momen ketika sepeda motor menabrak kompor penggorengan, menyebabkan minyak panas tumpah dan mengenai balita yang sedang duduk di jok depan.

Baca Juga: Pegi atau Perong, DPO Pembunuhan Vina Cirebon Berhasil Ditangkap!

Warga sekitar segera berusaha membantu korban dan memadamkan api. Namun, luka bakar yang diderita F cukup serius sehingga ia dan ayahnya, A, harus dilarikan ke RSUD Yogyakarta untuk perawatan lebih lanjut. Saat ini, F sedang menjalani perawatan intensif di unit perawatan intensif RSUD Yogyakarta.

"Balita tersebut sedang dirawat di Intensive Care Unit (ICU) RSUD Yogyakarta untuk perawatan intensif. Rencananya, A akan dipindahkan dari RSUD Yogyakarta ke Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) dr Sardjito Yogyakarta," jelas AKP Basungkowo, Kapolsek Kotagede Yogyakarta.

Namun, pemindahan A ke RSUP Sardjito masih menunggu ketersediaan ruang ICU di rumah sakit tersebut.

"Untuk mau dibawa ke (RSUP) Sardjito betul. Namun, terkait komplikasi saya tidak tahu karena tidak bertemu dengan dokter, dan anaknya sedang di ruang ICU," tambah Basungkowo.

Baca Juga: Bus Rombongan Study Tour SMP PGRI 1 Wonosari Kecelakaan di Tol Jombang. 2 Orang Tewas