Kilang Pertamina Di Dumai Riau Meledak, 5 Orang Dilarikan Ke RS

Lima orang pekerja PT Pertamina Dumai, Riau dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu malam (1/4) usai kejadian ledakan dan kebakaran di Kilang Pertamina.

Kilang Pertamina Di Dumai Riau Meledak, 5 Orang Dilarikan Ke RS
Kilang Pertamina Di Dumai Riau Meledak, 5 Orang Dilarikan Ke RS. Gambar : Unsplash/Adam Wilson

BaperaNews - Lima orang pekerja PT Pertamina Dumai, Riau dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu malam (1/4) usai kejadian ledakan dan kebakaran di lokasi tersebut. Kelima korban kini masih dirawat di RS Pertamina Dumai.

“Penyebab kilang pertamina meledak belum diketahui, ada lima orang terdampak, dia di bagian operator, saat ini dalam perawatan di RS Pertamina Dumai untuk mendapatkan penanganan medis terbaik” tutur Manager Comm Rell and CSR Kilang Pertamina Dumai Agustiawan. Kondisi kelima korban menurut Agus sudah stabil.

Agus juga memastikan tim Darurat Pertamina sudah mengatasi kilang pertamina Dumai Riau meledak. Ledakan terjadi di area gas compressor kilang minyak Dumai, api sudah padam pada pukul 22.54 WIB.

“Api sudah berhasil padam, kami minta semua warga agar tenang, Pertamina pasti bertanggung jawab pada dampak ledakan ini, kami mohon kerjasamanya” lanjutnya. 

Baca Juga : Erick Thohir Copot Jabatan Dedi Sunardi dari Direktur Penunjang Bisnis Pertamina

Walikota Dumai, Paisal juga telah memeriksa lokasi dan mendengar keluhan warga yang tinggal di sekitar kilang minyak Dumai. “Mohon semua sabar, saat ini sedang dilakukan penanganan, jangan ada yang lakukan provokasi” ucap Paisal kepada warga.

Warga Merasakan Getaran Kuat Ketika Ledakan

Berdasarkan kesaksikan warga, diketahui Kilang pertamina meledak terjadi pukul 22.40 WIB itu membuat warga sekitar panik, warga mengaku merasakan ada getaran kuat ketika ledakan terjadi. Salah satu warga bernama Rahmat mengaku merasakan dua kali getaran kuat, warga pun berlarian keluar rumah.

“Ada rumah warga yang rusak, yang dekat dengan kilang, ada juga masjid yang rusak yang jaraknya 3 km dari kilang” ungkap Rahmat.

Sejumlah video tentang kejadian ledakan kilang minyak Dumai beredar, Nampak rumah warga bergetar ketika ledakan, plafon masjid bahkan sampai runtuh karena ledakan begitu kuat. “Kilang minyaknya meledak” suara perekam video. 

Kejadian Kilang Pertamina di Dumai Riau meledak ini diunggah oleh salah satu akun Twitter @Saayaaaaang pada Sabtu (1/4) malam.

Pertamina Memastikan Kondisi Warga Aman

Agus memastikan warga yang berada di sekitar kilang minyak Dumai Riau tidak terdampak ledakan. “Tim kami saat ini terus memastikan kondisi aman, terus memantau agar masyarakat di sekitar tidak terdampak” pungkas Agus.

Manajemen Pertamina pemerintah daerah bersama aparat sudah turun ke lokasi untuk menenangkan warga dan melakukan pendataan. Bagi warga yang merasa ada kerusakan di rumahnya atau melihat kerusakan akibat ledakan kilang minyak Dumai ini bisa segera melapor untuk tindak lanjut dari pihak Pertamina. 

Baca Juga : Serba Serbi Kebakaran Depo Plumpang Milik Pertamina