Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Beroperasi Juni 2023 Mendatang!

Wamen BUMN II umumkan kereta cepat Jakarta - Bandung akan mulai dioperasikan pada Juni 2023 mendatang.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Beroperasi Juni 2023 Mendatang!
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta - Bandung di Indonesia. Gambar : unsplash.com/Dok. Fikri Rasyid

BaperaNews - Kartika Wirjoatmodjo yang merupakan Wakil Menteri (Wamen) BUMN II mengumumkan bahwa kereta cepat Jakarta - Bandung akan mulai dioperasikan pada bulan Juni 2023 mendatang.

Wamen BUMN II pun mengkonfirmasi hal tersebut ketika tengah melakukan kunjungan kerja untuk dapat melihat pemindahan kereta cepat Jakarta - Bandung dari kapal pengirimnya yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (02/09) kemarin.

Selain itu, Kartika Wirjoatmodjo juga menyampaikan bahwa dengan kedatangan kereta cepat tersebut menjadi kabar baik untuk Indonesia dan juga menunjukkan bahwa negara Indonesia dapat bersaing dengan negara - negara lain.

Kemudian ditempat yang sama, Slamet Riyadi selaku Presiden Direktur PT KCIC menyampaikan bahwa rangkaian kereta cepat Jakarta - Bandung yang datang ini adalah rangkaian kereta api cepat pertama yang tiba di Indonesia dan ASEAN.

Slamet Riyadi pun menambahkan rangkaian kereta api cepat Jakarta - Bandung secara bertahap sudah mulai tiba di Indonesia.

Diketahui, kereta cepat saat ini sudah sebanyak 2 rangkaian yang tiba dan akan langsung dibawa ke Tegalluar untuk proses perangkaian ulang.

Terkait dengan perizinan pengangkutan kereta cepat Jakarta - Bandung, Dwiyana menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan izin dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga untuk dibawa ke Tegalluar, Bandung Barat.

Diketahui, kereta cepat itu terdiri atas 2 (dua) rangkaian, yaitu 1 (satu) rangkaian kereta cepat dan 1 (satu) rangkaian kereta inspeksi.

Baca Juga : PT KAI Siapkan Peremajaan Usai Viral Keluhan Penumpang Soal Kursi Tegak Lurus

Rangkaian kereta cepat itu akhirnya tiba usai sebelumnya menempuh perjalanan dari Pelabuhan Qingdao, China sejak 21 Agustus 2021. Rangkaian kereta api cepat itu diturunkan menggunakan crane dari kapal pengangkut.

Qian Min selaku Chairman China Railway mengaku rangkaian kereta api cepat yang dikirim dari negaranya ke Indonesia merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Ia juga menyatakan bahwa kereta cepat Jakarta - Bandung merupakan kereta cepat yang pihaknya ekspor ke dunia.

Usai tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, rangkaian kereta api cepat tersebut akan langsung dikirim ke lokasi Depo Kereta Cepat di Cileunyi, Jawa Barat melalui jalur darat.

Hingga saat ini pembangunan konstruksi kereta api cepat sudah mencapai 86 persen. Pemerintah berharap mega proyek kereta cepat ini dapat memperkuat konektivitas Jakarta dan Bandung.

Apabila sesuai dengan jadwal, kereta cepat Jakarta - Bandung mulai beroperasi penuh pada pertengahan tahun 2023. Hal tersebut dikarenakan kedatangan rangkaian kereta cepat yang masih dijadwalkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Berikut Jadwal Lengkap Kedatangan Rangkaian Kereta Cepat Jakarta - Bandung :

2 September 2022

  • 1 rangkaian kereta cepat
  • 1 rangkaian kereta inspeksi

4 September 2022

  • 1 rangkaian kereta

25 Desember 2022

  • 3 rangkaian kereta

25 Februari 2023

  • 3 rangkaian kereta

15 Maret 2023

  • 3 rangkaian kereta

Baca Juga : Harga Tiket Pesawat Mahal, Sandiaga Uno Sarankan Masyarakat Lewat Jalur Darat