Kenali Lebih Dekat, Ini Gejala Kekurangan Vitamin B12

Ketahui beberapa gejala kekurangan Vitamin B12 dan makanan yang mengandung B12, wasada bila alami gejala ini

Kenali Lebih Dekat, Ini Gejala Kekurangan Vitamin B12
Ilustrasi lesu kekurangan vitamin B-12. Gambar : Unsplash/sammy-sender

BaperaNews - Vitamin B12 seringkali disebut sebagai kobalamin, dimana mempunyai banyak manfaat untuk keberlangsungan organisme di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsinya secara teratur, tentu akan bisa membantu berbagai fungsi penting di dalam tubuh. Vitamin B12 banyak terdapat pada makanan yang kalian konsumsi sehari – hari 

Kobalamin merupakan vitamin yang mana akan disimpan di dalam organ dalam hati. Keberadaan vitamin B12 sendiri membantu dalam proses produksi DNA, materi genetik dan pembentukan sel darah merah.

Cukupnya asupan vitamin B12 di dalam tubuh, akan membantu kalian agar terhindar dari gangguan sistem saraf hingga terjadinya anemia megaloblastik.

Vitamin B12 paling banyak ditemukan di berbagai bahan makanan yang berasal dari hewan seperti produk susu, telur, makanan laut, ikan dan daging.

Untuk bahan pangan yang berasal dari nabati, sampai saat ini masih belum ditemukan adanya kandungan vitamin B12 di dalam komposisinya.

Untuk itu, orang yang mempunyai hobi makan makanan vegetarian, lebih tinggi mendapatkan resiko kekurangan vitamin B12 di dalam tubuhnya.

Tak hanya itu, kondisi dimana seseorang mengalami penurunan sistem imun dan kondisinya buruk, akan beresiko kekurangan kadar vitamin B12.

Contoh nyata pada penderita Helicobacter Pylori dimana bakteri bekerja untuk merusakan bagian lambung sehingga berpotensi terkena penyakit gastritis. Penyakit ini, biasanya si penderita akan mengalami kesulitan dalam proses penyerapan vitamin B12.

Berikut ini terdapat beberapa gejala jika kalian kekurangan vitamin B12 :

Untuk mengetahui pasti apakah kita dalam kondisi kekurangan vitamin B12 tidaklah mudah. Karena di beberapa kasus menunjukkan terdapat gejala berbeda – beda pada masing – masing individu. Namun dari beberapa kasus paling umum terjadi, gejala kekurangan vitamin B12 biasanya menyebabkan penglihatan kabur dan kondisi tubuh yang terasa lemah.

Selain itu beberapa orang juga merasa sering kesemutan khususnya pada bagian kaki dan lengan tangan, timbulnya rasa lelah yang konstan dan menurunnya daya ingat.

Ada juga yang merasakan beberapa gejala ringan karena kekurangan vitamin B12, seperti sering merasa pusing, kesulitan dalam berbicara, gerakan reflex mulai berkurang, merasa sering bingung dengan penyebab tak jelas dan warna kulit menjadi berubah lebih pucat atau pun menguning.