KemenPAN-RB Buka Suara terkait Viralnya Seleksi CPNS yang Dibuka 15 Juli

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) buka suara terkait viralnya seleksi CPNS yang dibuka 25 Juli 2024. Simak Selengkapnya!

KemenPAN-RB Buka Suara terkait Viralnya Seleksi CPNS yang Dibuka 15 Juli
KemenPAN-RB Buka Suara terkait Viralnya Seleksi CPNS yang Dibuka 15 Juli. Gambar: AFP/Chaideer Mahyuddin

BaperaNews - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) angkat bicara terkait kabar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk CPNS dan calon PPPK, yang disebut-sebut akan dibuka pada Senin (15/7).

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Aba Subagja, menegaskan bahwa seleksi CASN belum akan dibuka dalam waktu dekat.

"Seleksi CASN belum akan dibuka pada 15 Juli. Kami baru akan menetapkan formasi CPNS. Persiapan untuk PPPK juga belum selesai," jelas Aba saat dihubungi detikcom pada Jumat (12/7).

Aba mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan penetapan formasi, penyandingan, hingga perapihannya. 

Setelah penetapan formasi selesai, KemenPAN-RB akan melanjutkannya kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang kemudian akan merilis jadwal resmi seleksi CASN.

"Setelah penetapan formasi, kami akan membagikannya ke kementerian dan lembaga terkait. Setelah itu, persiapan jadwal akan ditangani oleh BKN. Mereka menunggu arahan dari kami," tambah Aba.

Berdasarkan kondisi ini, masih banyak hal yang perlu diselesaikan KemenPAN-RB sebelum membuka seleksi CASN. Dengan demikian, kemungkinan besar jadwal pembukaan seleksi CASN untuk umum akan melewati tanggal 15 Juli.

"Ya, kemungkinan besar melewati tanggal 15 Juli. Semoga prosesnya bisa cepat selesai," ujar Aba.

Saat ditanya apakah prosesnya bisa rampung segera dan seleksi dibuka pada bulan Juli ini, Aba belum dapat memastikannya. "Mudah-mudahan," harapnya.

Baca Juga : Sebagian Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Akan Dikirim ke IKN

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, juga menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada pengumuman resmi tentang jadwal pembukaan seleksi CPNS dan calon PPPK 2024.

"Untuk jadwal pelaksanaan seleksi CPNS masih menunggu keputusan resmi Panselnas," kata Vino saat dihubungi detikcom. "Setelah pembukaan diumumkan, BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal per-tahapnya. Silakan ditunggu informasinya," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, sempat ramai beredar jadwal seleksi CASN di TikTok. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa pendaftaran periode I sudah dibuka untuk sekolah kedinasan, sementara periode II untuk seleksi umum akan diumumkan pada 15-29 Juli 2024. Pendaftaran seleksi umum disebutkan akan dibuka pada 16 Juli 2024.

Dalam timeline besar yang beredar, rangkaian seleksi seharusnya dibuka dengan CPNS Sekolah Kedinasan (Sekdin) pada Maret, namun seleksi baru dibuka pada Mei 2024. Sedangkan untuk seleksi CASN secara umum, awalnya dijadwalkan dibuka pada Juni.

Kementerian PANRB menegaskan bahwa informasi tersebut tidak akurat dan mengimbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari pihak berwenang. 

Aba Subagja menyatakan bahwa masih banyak tahap yang harus dilalui sebelum seleksi CPNS 2024 dapat dibuka.

"Proses penetapan formasi, penyandingan, dan perapihan masih berlangsung. Kami ingin memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik sebelum membuka seleksi CASN," ujar Aba.

KemenPAN-RB dan BKN berkomitmen untuk menyampaikan informasi terbaru mengenai jadwal seleksi CPNS 2024 dan PPPK secara transparan. Mereka meminta masyarakat untuk bersabar dan mengikuti perkembangan melalui saluran resmi pemerintah.

"Pengumuman resmi akan segera disampaikan setelah semua persiapan selesai. Kami ingin memastikan bahwa proses seleksi berjalan lancar dan adil untuk semua peserta," jelas Vino Dita Tama.

Baca Juga : Segera Dibuka, Simak Cara Daftar dan Formasi di Seleksi CPNS 2024