Kemendikbudristek Pastikan Implementasi Kurikulum Merdeka Berjalan Sesuai Rencana

Kemendikbudristek akan terus memastikan implementasi terhadap Kurikulum Merdeka berjalan sesuai dengan rencana.

Kemendikbudristek Pastikan Implementasi Kurikulum Merdeka Berjalan Sesuai Rencana
Kemendikbud memastikan implementasi terhadap Kurikulum Merdeka berjalan sesuai rencana. Gambar : sman1nalumsari

BaperaNews - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki sebuah terobosan baru untuk memajukan pendidikan di Indonesia yakni Kurikulum Merdeka.

Kemendikbud memastikan implementasi Kurikulum Merdeka akan berjalan sesuai dengan rencana.

Kurikulum baru ini akan menjadi salah satu opsi di tahun ajaran baru 2022/2023 yang dapat dipilih secara sukarela oleh satuan pendidikan.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo menyampaikan bahwa tidak ada pembatalan dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 044/H/KR/2022 yang ditandatangani pada 12 Juli 2022 untuk menetapkan lebih dari 140.000 satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023.

"SK tersebut merevisi SK sebelumnya karena terdapat perubahan beberapa satuan pendidikan yang melakukan refleksi dan mengubah level implementasinya. Misalnya dari level mandiri belajar ke mandiri berubah atau sebaliknya," ujar Anindito dalam keterangan tertulisnya (16/7).

Baca Juga : Kenalan Dengan Kurikulum Merdeka Yuk! Berlaku Di Tahun Ajaran 2022/2023

Anindito Aditomo menegaskan, Kemendikbud mendorong satuan pendidikan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan dari masing-masing satuan pendidikan atau sekolah.

"Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk membuat kurikulum operasional satuan pendidikan yang kontekstual" sambungnya.

Hal ini agar pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar murid. Sebagaimana diketahui, Kurikulum Merdeka diresmikan langsung oleh Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) pada Februari 2022 lalu.

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum Merdeka berfokus pada materi yang esensial dan pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Publik dapat mengakses segala informasi yang terkait dengan kurikulum tersebut melalu laman https://kurikulum.kemdikbud.go.id dan buku teks Kurikulum Merdeka di laman https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-kurikulum-merdeka.