Kemenag Buka Pelatihan KTI, Guru Hingga ASN Bisa Daftar! Simak Syarat Daftar Dan Cara Daftar Pelatihan KTI

Kementerian Agama buka Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk para penghulu, penghulu agama, dosen, peneliti, ASN, hingga masyarakat. Simak syarat daftar dan cara daftar Pelatihan KTI!

Kemenag Buka Pelatihan KTI, Guru Hingga ASN Bisa Daftar! Simak Syarat Daftar Dan Cara Daftar Pelatihan KTI
Kemenag buka Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Gambar : Instagram/@pintar.kemenag

BaperaNews - Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) para penghulu, penghulu agama, dosen, peneliti, ASN, hingga masyarakat yang bertugas membantu Kemenag.

“Dosen, guru, ASN, peneliti, dan masyarakat yang membantu tugas Kemenag yang tertarik untuk ikut silahkan ikut, kita terbuka” ujar Kepala Pusdiklat Teknis Kemenag Matsuki.

Pendaftaran Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dibuka sejak 15 Desember 2022 dan akan ditutup pada  Selasa mendatang 20 Desember 2022.

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dilakukan secara online selama 8 hari mulai 21-28 Desember 2022. KTI ialah karangan yang disusun dari pendekatan atau metode tertentu lain yang hasil penelitiannya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Biasanya, KTI terbagi dalam beberapa jenis yakni diklat, disertasi, modul, monograf, dan lainnya. Tentang pelatihan KTI online yang dilaksanakan Kemenag, Matsuki menyebut program ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan mendukung karir.

Pelatihan KTI dilakukan dengan Mesin MOOC Pintar Kemenag secara asynchronous. “Kapasitas pintar ini besar ya, bisa menampung ratusan ribu peserta per sekali pelatihan” tambahnya. 

Badan Litbang Diklat Kemenag merangkum sejumlah syarat bagi pendaftar pelatihan online KTI. Yuk simak syarat daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan cara daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah.

Baca Juga : Ditjen Diktiristek Buka Lowongan Kerja Magang Untuk Mahasiswa

Syarat Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah:

  1. PNS dan Non PNS Kemenag tanpa syarat golongan atau pangkat, semua boleh mendaftar.
  2. Laki-laki dan wanita boleh ikut, tidak ada syarat pendidikan umum.

Lalu bagaimana cara daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah?

Pendaftaran Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dilakukan melalui web Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran (Pintar) Badan Litbang Diklat Kemenag di https://pintar.kemenag.go.id/ atau Klik Disini

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dilakukan secara online mandiri yang bisa dilakukan kapanpun, dan dimanapun Anda berada. Pelatihan ini tidak dipungut biaya.

Dijelaskan bahwa Pintar ialah pelatihan mandiri online bersertifikat, hadir sebagai inovasi pembelajaran di era industri 4.0, dengan Pintar, peserta bisa menambah ilmunya dimana dan darimana saja. Dalam prosesnya nanti ada dua pembelajaran yakni Pelatihan dan Pengayaan Pengetahuan.

Pembuatan KTI sendiri punya beragam manfaat baik untuk pembuatnya maupun pembacanya. bagi penulis antara lain melatih mengembangkan keterampilan membaca, menggabungkan sumber bacaan, mengenalkan kepustakaan, meningkatkan pengorganisasian fakta dan data, juga mendapat kepuasan intelektual.

Sedangkan bagi pembaca KTI bisa menambah ilmu sebagai referensi jika ingin membuat KTI atau sekedar menambah wawasan, melatih diri memahami penulisan sesuai standar, dan membuka tupoksi mengingat KTI tidak asal tulis, KTI tercipta dengan adanya penelitian.

Bagi Anda yang berminat segera mendaftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini, masih ada kesempatan hingga Selasa 20 Desember 2022 mendatang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Kemenkes Tambah Kuota Beasiswa Kedokteran 2023, Simak Syaratnya