Kapolri : Kini Polwan Punya Kesempatan yang Sama Duduki Jabatan Strategis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penjelasan bahwa kini polwan mempunyai kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan-jabatan strategis di

Kapolri : Kini Polwan Punya Kesempatan yang Sama Duduki Jabatan Strategis
Kapolri, Polwan Punya Kesempatan yang Sama Duduki Jabatan Strategis. Gambar : Polri

BaperaNews - Menurut penjelasan yang diberikan oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri), kini polwan mempunyai kesempatan yang sama jika dibandingkan dengan polisi laki – laki, baik itu dalam proses rekrutmen, proses pendidikan, proses pelatihan hingga menduduki jabatan – jabatan tertentu.

Saat ini setidaknya sudah ada 3 Jenderal Polwan yang mendapatkan jabatan strategis di lingkungan Mabes Polri. Tak hanya itu saja, beberapa polwan juga menempati jabatan yang mempunyai resiko tinggi pada level operasionalnya.

Penjelasan yang diberikan oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri) tersebut disampaikan saat dirinya tengah berada di acara “The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference” yang diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT pada hari Minggu, o7 November 2021.

“Saat ini Polwan sudah banyak yang mencetak prestasi dan mengisi jabatan – jabatan penting serta beresiko tinggi. Untuk jabatan yang memiliki resiko tinggi antara lain seperti pasukan Brigade Mobil. Densus 88 Anti Teror, hingga misi perdamaian dunia,” ungkap Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri).

“Lingkungan Polri kini memang sudah membuka kesempatan yang luas bagi polwan untuk ikut berkripah dan berkarya dengan mengisi jabatan – jabatan penting di kepolisian sesuai dengan tema pada acara yang diselenggarakan tersebut yakni “Women at the Center Stage of Policing”,”tambahnya.

Kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri), keberadaan polwan mempunyai peran yang sangat penting di dalam dunia kepolisian. Terutama dalam hal pendekatan kepada masyarakat. Selain itu institut kepolisian menjadi lebih humanis.

“Polwan dianggap lebih peka terhadap kasus – kasus yang berbau gender khususnya seperti kejahatan seksual atau pun kasus yang berkaitan dengan gender daripada polisi laki – laki. Tak hanya itu saja, polwan juga bisa membuat masyarakat lebih menaruh kepercayaan kepada pihak kepolisian, membantu dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi operasional kepolisian, hingga membantu dalam upaya meningkatkan legitimasi pada lembaga – lembaga penegak hukum pada umumnya,” ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri).

Komitmen Polri untuk mewujudkan institusi kepolisian yang inklusif bisa direalisasikan dengan menempatkan polwan pada jabatan – jabatan penting kepolisian. Pandangan diskriminatif tak lagi ada di ruang lingkup kepolisian karena adanya kesempatan yang sama antara polwan dan polisi laki – laki dalam berkarir.