Jokowi Respons Soal Wayan Koster Tolak Atlet Israel di World Beach Games Bali

Presiden Jokowi belum memberi tanggapan atas pernyataan Gubernur Bali I Wayan Koster yang menolak kehadiran Atlet Israel di World Beach Games Bali.

Jokowi Respons Soal Wayan Koster Tolak Atlet Israel di World Beach Games Bali
Wayan Koster Tolak Atlet Israel di World Beach Games Bali. Gambar : AFP/Dok. Vincenzo Pinto

BaperaNews - Gubernur Bali I Wayan Koster sebelumnya menyatakan penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel ke Indonesia dalam rangka Piala Dunia U-20 2023.

Namun hal ini sudah berakhir, sebab Indonesia resmi dibatalkan menjadi tuan rumahnya. Event olahraga internasional lain yang rencananya juga akan digelar di Bali ialah World Beach Games pada Agustus 2023 mendatang.

Event tersebut pun mengundang kekhawatiran, ada Israel sebagai salah satu peserta di dalamnya. Bisa saja event ini juga akan mendapat kontroversi sebagaimana Piala Dunia U-20 yang menimbulkan penolakan atas kedatangan atlet Israel.

Jika muncul penolakan dimana-mana, bukan tidak mungkin status Indonesia sebagai tuan rumah juga akan dibatalkan yang membuat Indonesia berpotensi rugi besar.

Presiden Jokowi belum memberi tanggapan atas hal tersebut, menurutnya, hingga saat ini Koster belum sampaikan pernyataan apapun tentang penolakan atlet Israel di ajang World Beach Games.

“Saya belum dapat laporan” tutur Jokowi singkat ketika ditanya oleh wartawan pada Kamis (6/4). 

Baca Juga : Kemenkumham Larang Viralkan Foto dan Video Bule Langgar Aturan di Bali

Koster Kembali Tolak Israel

Diketahui Koster kembali menolak kehadiran atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali yang akan dilaksanakan pada 5-12 Agustus 2023 mendatang. Koster menyatakan kembali menolak kedatangan atlet asal Israel karena ia bersandar pada konstitusi di Indonesia.

“Saya bersandar pada konstitusi dan Permenlu 3/2029 tentang aturan larangan pengibaran bendera ataupun lagu kebangsaan Israel di Indonesia. Jadi saya nyatakan saya menolak kehadiran Israel ke Bali, ke Indonesia, termasuk di acara ANOC World Beach Games Bali mendatang” tutur Koster pada Rabu (5/3) lalu.

Koster menegaskan ia tetap konsisten untuk melakukan penolakan atlet Israel di World Beach Games, termasuk atlet mereka meski tidak ada hubungannya dengan politik. Namun Koster belum menyampaikan kepada Presiden Jokowi, sebab itu Presiden Jokowi belum memberikan komentarnya.

Sebelumnya Jokowi merespon pernyataan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang kompak menolak kehadiran atlet Israel di Piala Dunia U-20 2023, menurutnya Indonesia memang negara demokrasi, tapi tak perlu campur adukkan politik dan olahraga.

“Ya, ini memang negara demokrasi, tapi jangan campur aduk yang terpenting, sudah saya sampaikan jangan dicampur, ada urusan politik, ada urusan olahraga” respon Jokowi pada Jumat (31/3) lalu. 

Baca Juga : Kehadiran Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali, Pemprov: Tunggu Arahan Jokowi!