Sah di Balai Kota, Ini Alasan Heru Tidak Gelar Shalat Ied di JIS

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi memutuskan tidak akan ada shalat Idul Fitri berjamaah di Jakarta International Stadium (JIS) di lebaran tahun 2023.

Sah di Balai Kota, Ini Alasan Heru Tidak Gelar Shalat Ied di JIS
Sah di Balai Kota, Ini Alasan Heru Tidak Gelar Shalat ID di JIS. Gambar : Antara Foto/Dok. Aprillio Akbar

BaperaNews - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi memutuskan tidak akan ada shalat Idul Fitri berjamaah di Jakarta International Stadium (JIS) di lebaran tahun 2023 ini, alasannya ialah karena banyak ASN Pemprov DKI ingin shalat id di balai kota.

“Saya simple aja sih, di balai kota saja, karena dari hasil ngobrol-ngobrol, kebanyakan setuju di balai kota, para karyawan disini” tuturnya pada Kamis (6/4).

Heru mengaku sebelumnya sudah menghimpun pendapat dari para pegawai Pemprov DKI Jakarta, hasilnya mereka banyak yang memilih shalat ied di balai kota saja karena lebih mudah aksesnya.

“Mau shalat dimana teman-teman? di balai kota saja pak, kita gampang, ya sudah saya ikut. Sudah fix saya rasa di balai kota saja” imbuhnya. Heru menegaskan tidak akan mempertimbangkan untuk menjalankan shalat ied di JIS, shalat ied di balai kota ini sudah pasti untuk lebaran 2023 ini.

Sebelumnya usulan agar shalat ied dilakukan di JIS disampaikan oleh anggota DPRD Komisi B DKI Jakarta Ahmad Yani dari F-PKS, ia memandang hal itu ialah kegiatan positif yang perlu dipertahankan. 

Baca Juga : Hore! THR Beras Bagi Warga Jakarta Bakal Cair Rabu Ini

Achmad menyampaikannya ketika sedang rapat kerja para jajaran BUMD DKI Jakarta bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, dan jajaran direksi PT Jakarta Propertindo yang menjadi pengelola JIS.

“Ketika waktu lalu di JIS ada acara takbiran, saya waktu itu hadir pak. Kemudian pagi harinya ada shalat ied di JIS, itu semarak ya, cukup bagus. Kalau untuk tahun ini dilaksanakan tidak pak? ini bagus, hal positif yang bisa dipertahankan” kata Achmad ketika Rapat pada Selasa (4/4).

Namun usulan shalat ied di JIS tersebut kini resmi ditolak oleh Heru Budi, Heru memutuskan berdasarkan pendapat terbanyak dari para pegawai Pemprov yang memilih shalat di balai kota saja, karena lebih mudah aksesnya dibanding dengan JIS. Maka di lebaran 2023 ini ASN dan pegawai pemerintah di Pemprov DKI Jakarta akan menjalankan shalat ied berjamaah di balai kota.

JIS sendiri ialah stadion terbesar di Indonesia, bisa dipakai untuk kegiatan apapun, tidak harus yang berhubungan dengan event olahraga. JIS boleh disewa untuk acara lain seperti konser, masyarakat atau wisatawan yang sekedar ingin datang untuk melihat kemegahan dan keindahannya juga boleh.

Baca Juga : Pj Heru Ancam Blacklist Kontraktor Usai Lihat Banyak Kabel Semrawut di Jakarta