Jokowi Disambut Meriah Warga Kampung Jeruk Sumut Karena Perbaiki Jalan

Presiden Jokowi disambut sangat meriah oleh warga Kampung Jeruk, Sumut karena sudah memperbaiki jalan diwilayah sana.

Jokowi Disambut Meriah Warga Kampung Jeruk Sumut Karena Perbaiki Jalan
Presiden Jokowi disambut meriah oleh warga kampung Jeruk,Sumut. Gambar : Dok. Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi disambut bagaikan seorang pahlawan ketika berkunjung ke Kampung Jeruk, Liang Melas Datas, Karo, Sumut hari Jumat 4 Februari 2022. Petani di kampung tersebut pernah mengirimkan 3 ton buah jeruk ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk memohon kepada Jokowi agar memperbaiki jalan di wilayahnya.

Di kunjungan tersebut, Jokowi berniat memeriksa proses perbaikan jalan dan beliau disambut sangat meriah oleh warga Kampung Jeruk. “Masyarakat yang berada di kanan maupun kiri jalan nampak begitu antusias menyambut kedatangan Bapak Presiden Jokowi dan mereka menyanyikan lagu kebangsaan di sepanjang jalan mulai dari datangnya helipad hingga sampai ke lokasi acara” ucap Sekretariat Presiden dalam keterangan tertulis Jumat 4 Februari 2022.

Anak-anak kecil juga ikut menyambut Jokowi di pinggir jalan, mereka mengibarkan bendera merah putih di kedua tangan saat rombongan Jokowi melintas. Jokowi mengungkap Kampung Jeruk memang butuh perbaikan jalan, menurut beliau, perlu ada perbaikan jalan 40.000 km untuk bisa mendukung perkebunan jeruk di Karo tersebut.

“Setelah melihat ke lapangan, yang namanya jalan bak itu sangat sangat dibutuhkan karena berhubungan dengan struktur dan distribusi jeruk ini, jangan sampai nanti disini harga jeruk Rp 5.00 tapi ongkirnya Rp 8.000” ujar Jokowi.

Baca Juga : Kepala BNPT Minta Maaf Soal Polemik 198 Pesantren Terafiliasi Teroris

Jokowi juga mengungkap kampung Jeruk butuh pendampingan dari penyediaan pupuk hingga teknik pemasaran, Jokowi langsung menelpon Menteri Pertanian, Syahrul Yasin agar memberi perhatian kepada daerah tersebut.

“Saya tiba kesini mampir melihat jalan, saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk meningkatkan kualitas produksi, urusan pupuk lebih bagus disini organic” ucap Jokowi saat menelpon Syahrul.

Warga disana memang mengaku pengiriman jeruk seringkali terhambat karena jalan rusak, warga seringkali rugi karena jeruk yang dikirim rusak dalam perjalanan. Jokowi pun menerima warga ketika mengirim jeruk ke Istana dan beliau memastikan perbaikan jalan akan langsung dimulai untuk bisa mendukung distribusi jeruk dari Sumut.

Begitu besarnya minat warga untuk bisa melihat Bapak Presiden Jokowi membuat kehadiran beliau menimbulkan banyak kerumunan, sebagian warga bahkan tidak memakai masker dengan benar ketika berkumpul di jalan. Namun Jokowi tetap melanjutkan kunjungan kerja karena sudah dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan Presiden serta seluruh tim sudah rutin melakukan tes PCR sebelum kunjungan kerja ke daerah.