Jawaban I Wayan Koster Terkait Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023

Gubernur Bali I Wayan Koster memberikan tanggapan soal batalnya Indonesia menjadi tuan rumah World Beach Games 2023 di Bali. Simak selengkapnya!

Jawaban I Wayan Koster Terkait Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023
Jawaban I Wayan Koster Terkait Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023. Gambar : Dok. sportstars

BaperaNewsBali dipastikan batal menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games Bali 2023. Pihak pemerintah Bali menyebut pembatalan terjadi karena masalah anggaran, tidak ada biaya yang mencukupi dari pemerintah pusat. Gubernur Bali I Wayan Koster memberi tanggapan singkat terkait hal ini. Ia meminta awak media bertanya langsung pada pihak panitia saja terkait pembatalan tersebut.

“Oh tanya sana saja, jangan tanya saya. Nggak disikapi” kata I Wayan Koster hari Rabu (5/7).

ANOC : Kami Sangat Kecewa dengan Indonesia

ANOC sendiri merasa kecewa atas batalnya ajang ini di Bali. ANOC menyesalkan pemerintah pusat Indonesia dan pemerintah Bali tidak bekerjasama dengan baik untuk penyelenggaraan event ini.

“ANOC sangat kecewa dengan tindakan ini yang membuat 100 atlet dari berbagai negara yang telah lolos kualifikasi gagal memenuhi impian mereka untuk tampil di ANOC World Beach Games Bali 2023” bunyi pernyataan resmi ANOC.

Baca Juga : Kehadiran Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali, Pemprov: Tunggu Arahan Jokowi!

Kemenpora : Sebenarnya Tidak Ada Masalah dengan Anggaran

Masalah pembatalan tuan rumah World Games Beach Games ini jadi polemik. pihak Pemda Bali menyebut pembatalan terpaksa dilakukan karena pemerintah pusat tidak memberi dana cukup untuk penyelenggaraannya. Sedangkan Menpora Dito Ariotedjo menyatakan pemerintah sebenarnya tidak ada masalah dengan dana, pemerintah siap menggelontorkan dana untuk event ini sebagai tuan rumah World Games Beach Games.

ANOC World Beach Games Bali 2023 sendiri ialah ajang baru di pesta olahraga tingkat dunia. ANOC World Beach Games 2023 dilaksanakan pertama kali di Qatar pada tahun 2019 lalu. Indonesia ikut mengajukan diri menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan tahun 2023 ini. Amerika Serikat dan Hong Kong juga ikut mengajukan diri namun Indonesia yang akhirnya dipilih jadi tuan rumah World Games Beach Games oleh pihak ANOC.

Kepesertaan Israel di ANOC World Beach Games 2023 Jadi Pemicunya?

Muncul isu pembatalan terjadi karena adanya Israel sebagai salah satu peserta di ANOC World Beach Games 2023 ini dimana sebelumnya Piala Dunia U-20 2023 juga dibatalkan dilaksanakan di Indonesia karena ada Timnas Israel di dalamnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster terkenal sebagai salah satu pihak yang menolak kehadiran Israel sekalipun itu untuk event non politik. Koster dengan tegas menolak Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 lalu namun ia tetap mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Kini terjadi hal serupa, sebelumnya sudah dikhawatirkan ANOC World Beach Games 2023 akan batal pula dilaksanakan di Bali karena adanya Israel sebagai salah satu pesertanya dan hal itu menjadi kenyataan. ANOC World Beach Games 2023 benar-benar batal dilaksanakan di Bali entah itu karena memang masalah biaya atau terkait keikutsertaan Israel di dalamnya.

ANOC pun merasa kecewa dimana Indonesia sudah dipilih dan ANOC telah menolak Hong Kong serta AS jadi tuan rumah namun justru Indonesia membatalkan dalam waktu dekat yang membuat ANOC kebingungan mencari pengganti tuan rumahnya. ANOC World Beach Games 2023 seharusnya dilaksanakan pada Agustus 2023 ini, jelas sulit mencari tuan rumah pengganti di waktu yang sesingkat ini.

Baca Juga : Kehadiran Atlet Israel di World Beach Games 2023 Bali, Pemprov: Tunggu Arahan Jokowi!