Jalan Tol Solo - Jogja Resmi Dioperasikan Selama Mudik

 PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) secara resmi mulai mengoperasionalkan tol Solo-Yogya secara fungsional selama mudik lebaran hingga 1 Mei 2023

Jalan Tol Solo - Jogja Resmi Dioperasikan Selama Mudik
Jalan Tol Solo-Jogja. Gambar: jatengprov.go.id

BaperaNewsPT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) yang merupakan anak perusahaan dari PT Jasa Marga Persero Tbk secara resmi mulai mengoperasionalkan tol Solo-Yogya secara fungsional yakni di Jalan Tol Solo-Yogya, YIA Kulon Progo Segmen Kartasura (akses gerbang tol Colomadu) sd Jalan Sawit sepanjang 6 km.

Corporate Communication and Community Development Group Head Lisye Octaviana menyebut pengoperasian Jalan Tol Solo - Yogya secara fungsional atau tanpa tarif ini dilakukan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik selama libur dan cuti lebaran 2023.

“Jalur fungsional ini di Jalan Tol Solo - Yogya Segmen Kartasura-Jalan Sawit dibuka secara resmi mulai hari Sabtu 15 April 2023 pukul 07.00 WIB” tutur Lisye hari Minggu (16/4).

Pembukaan jalur Tol fungsional itu dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Umum PT Jogjasoo Marga Makmur Yhanni Haryanto dan Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan. 

Baca Juga : Jelang Lebaran, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek Hingga 20%

Dirut PT JMM Suchandra Hutabarat menyebut pihaknya mengoperasikan jalan tol Yogya-Solo secara fungsional khusus untuk periode mudik dan balik pada 15 - 24 April 2023 juga pada 25 April -1 Mei 2023 dimana implementasinya sesuai dengan diskresi kepolisian.

“Karakteristik jalur ini ialah konstruksi rigid pavement 3,5 km dan lean concrete 2,5 km dengan jam operasional 06.00-17.00 WIB” kata Suchandra.

Kendaraan yang boleh lewat ialah kendaraan roda 4 golongan 1 selain bus dan selain truk. Kendaraan berat juga belum diijinkan lewat.

Untuk kecepatan maksimal melewati jalur ini ialah 40 km/jam. Akses masuknya sekitar 700 meter dari gerbang tol Colomadu Jalan tol Solo-Ngawi.

“Di masa mudik ini jika pengguna jalan yang menuju Yogya sebelumnya harus belok kiri ke Jalan Nasional Solo - Semarang ke Tugu Kartasura kini bisa luru untuk masuk lewat tol Yogya-Solo dari Floyer Ngasem STA 0
+600” jelas Suchandra.

Selanjutnya pengguna melewati jalur fungsional sepanjang 6 km keluar Jalan Sawit untuk melaju 800 km dan masuk kembali ke Jalan Nasional Solo-Yogya.

“Dengan rute fungsional ini, pengguna jalan bisa menghindari kemacetan yang sering terjadi di Tugu Kartasura sekaligus memperpendek perjalanan” pungkas Suchandra.

Jadi selama libur lebaran ini masyarakat bisa melewatinya secara gratis demi kelancaran dan kemudahan masyarakat dalam berlibur lebaran tahun ini.

Baca Juga : Catat Nih! Titik Lokasi Kamera Tilang ETLE di Jalur Mudik