Jadwal Puasa Arafah NU dan Muhammadiyah

Tingkatkan keimanan dengan puasa Arafah sebelum Idul Adha. Jadwal puasa Arafah 2023 disesuaikan dengan ketetapan pemerintah, NU, dan Muhammadiyah. Pelajari lebih lanjut di sini.

Jadwal Puasa Arafah NU dan Muhammadiyah
Jadwal Puasa Arafah NU dan Muhammadiyah. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Puasa Arafah ialah puasa yang dikerjakan sehari sebelum Idul Adha. Pelaksanaan puasa Arafah bersumber dari sejumlah hadits, salah satunya dari Abu Qatadah RA yang termuat di Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an Nawawi.

“Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa Arafah, beliau menjawab, puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang” (HR Muslim).

Puasa Arafah juga disebut sebagai puasa yang setara dengan puasa 2 tahun meski hanya dijalankan selama sehari.

“Puasa hari Arafah setara dengan puasa 2 tahun, puasa hari Asyura setara dengan puasa setahun” sabda Rasulullah SAW.

Jika hari Arafah tiba, menurut Imam al Ghazali, Allah SWT membanggakan pada para malaikatnya dan berfirman,

“Wahai para malaikatKu, lihatlah kalian pada hambaKu. Mereka datang dengan muka berdebu dan rambut kusut. Mereka benar-benar infakkan harta dan melesukan badan. Saksikanlah bahwa Aku mengampuni mereka”.

Kapan jadwal puasa Arafah Idul Adha 2023 tiba penting untuk diketahui umat muslim agar mendapat kesempatan mengamalkan dan menggapai pahalanya. 

Baca Juga : Muhammadiyah Usul Libur Idul Adha Dua Hari, Ini Kata Menag

Jadwal Puasa Arafah 2023

Jadwal puasa Arafah 2023 ini sesuai dengan ketetapan hari raya Idul Adha 2023. Maka jadwal puasa Arafah akan berbeda antara pemerintah dan NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah.

Pemerintah telah memutuskan melalui sidang isbat bahwa Idul Adha 1444 H jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023.  Maka puasa Arafah menurut pemerintah dijadwalkan pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Jadwal sama diumumkan oleh NU. NU mengikuti ketetapan pemerintah tentang jadwal Idul Adha maupun puasa Arafah.

Sedangkan Muhammadiyah menentukan Idul Adha 2023 berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Puasa Arafah yang jatuh sehari sebelumnya maka menurut Muhammadiyah dilaksanakan pada Selasa, 27 Juni 2023.

Puasa Arafah hanya dilakukan oleh mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Bagi yang sedang berhaji dilarang melakukannya.

“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melarang berpuasa di hari Arafah di tanah Arafah” (Abu Hurairah RA).

Sebagai informasi ketetapan puasa Arafah ini disesuaikan dengan ketetapan jadwal Idul Adha pemerintah dan NU jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023, dan Muhammadiyah jatuh pada hari Selasa, 27 Juni 2023

 Baca Juga : Kemenag Tetapkan Hasil Sidang Isbat, Idul Adha 29 Juni 2023