Jadwal Debat Capres-Cawapres: Tanggal, Tema dan Tayang dimana

Debat Capres pertama telah berlangsung seru, kini menyisakan sisa 4 debat lagi yang akan diselenggarakan. Simak Jadwal Debat Capres-Cawapres 2023!

Jadwal Debat Capres-Cawapres: Tanggal, Tema dan Tayang dimana
Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024. Gambar: KPU.go.id

BaperaNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia telah resmi menetapkan jadwal untuk serangkaian debat antara pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) sebagai bagian dari pemilihan presiden 2024. Dengan jadwal yang diumumkan, debat capres-cawapres 2024 dijadwalkan untuk lima sesi, dimulai dari bulan Desember 2023 hingga Februari 2024.

Detail Jadwal dan Tema Debat

  1. Debat Capres Perdana telah berlalu pada Selasa, 12 Desember 2023, dengan fokus pada topik pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
  2. Debat Cawapres Perdana pada Jumat, 22 Desember 2023, yang akan membahas ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan, khusus untuk calon wakil presiden.
  3. Debat Capres Kedua, diadakan pada Minggu, 7 Januari 2024, akan menghadirkan capres berbicara tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.
  4. Debat Cawapres Kedua pada Minggu, 14 Januari 2024, akan mengundang cawapres untuk mendiskusikan pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.
  5. Sesi debat terakhir, yaitu debat Capres ketiga, dijadwalkan pada Minggu, 4 Februari 2024, di mana capres akan berdiskusi mengenai kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Jadwal debat capres ini menekankan pada pentingnya berbagai isu nasional dan strategi yang akan diambil oleh para kandidat.

Baca Juga: Debat Capres Pertama: Memanas, Hingga Saling Serang

Daftar Stasiun TV dan Radio Yang Menyiarkan Debat Secara Langsung

Debat-debat ini akan disiarkan secara langsung oleh berbagai stasiun televisi dan radio nasional, termasuk TVRI, RRI, TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV. Selain itu, MNC TV, iNews, RCTI, GTV, SCTV, Indosiar, MetroTV, TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV juga akan menyiarkan sesi debat yang berbeda-beda.

Lokasi utama untuk debat capres-cawapres 2024 kemungkinan akan berlangsung di Jakarta, dengan pertimbangan akses dan mobilisasi yang lebih mudah.

Format Debat dan Aturan

Setiap debat akan berlangsung selama 150 menit, mencakup enam segmen yang meliputi pembukaan, pendalaman visi, misi, dan program kerja, sesi tanya jawab dan sanggahan, serta penutupan. Peraturan KPU No 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum menetapkan bahwa capres dan cawapres wajib hadir dalam debat dan tidak dapat mendelegasikan kehadiran mereka.

Segmen Debat

Setiap debat akan berlangsung selama 150 menit, terbagi menjadi enam segmen. Segmen pertama adalah pembukaan dan pembacaan tata tertib, diikuti oleh pendalaman visi, misi, dan program kerja dalam segmen kedua dan ketiga. Segmen keempat dan kelima adalah sesi tanya jawab dan sanggahan, dan segmen keenam adalah penutupan.

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, Gibran Rakabuming Ikut Simulasi, Mahfud Sudah Siap