Jadi Tumbal Proyek, 7 Kuli di India Tewas Akibat Terjun dari Lantai 40

Kecelakaan lift mematikan di Maharashtra, India, mengakibatkan 7 korban kuli tewas. Penyebabnya diduga akibat putusnya tali penarik lift.

Jadi Tumbal Proyek, 7 Kuli di India Tewas Akibat Terjun dari Lantai 40
Jadi Tumbal Proyek, 7 Kuli di India Tewas Akibat Terjun dari Lantai 40. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - 7 orang kuli di India tewas usai terjadi kecelakaan lift jatuh terjun bebas dari lantai 40 ke dasar pada hari Senin (11/9). Diduga para korban menjadi tumbal proyek.

Kejadian ini tepatnya di Thane, Maharashtra, India. Dari hasil pemeriksaan sementara, penyebab jatuhnya lift karena tali penarik lift putus.

Ketika dievakuasi, 6 orang kuli di India tewas di tempat.  1 orang korban bernama Sunil (21) masih hidup namun dalam kondisi sangat parah kemudian tewas ketika dibawa ke rumah sakit.

Lift jatuh ketika bergerak ke lantai bawah dengan para pekerja di dalamnya. Semua korban ialah pekerja kuli bangunan di gedung Thanos.

Pada video yang beredar, gedung masih dalam proses pembangunan, telah ditutup semen namun belum seluruhnya dicat.

Tidak dijelaskan lebih detail berapa jumlah lantai di gedung yang menjadi lokasi kecelakaan namun nampak jelas gedung berdiri tinggi dengan puluhan lantai. Maka proyek yang sedang dikerjakan jelas merupakan proyek besar. 

Baca Juga : Kronologi Ular Kobra Mati Digigit Anak Kecil di India

Dari 7 korban kuli di India tewas, baru 5 yang teridentifikasi, 2 lainnya masih diselidiki. Kelima korban tersebut ialah Chaupal (32), Kumar Das (21), Haroon Shaikh (47), Mithlesh (35), Sunil (21), dan Karidas (38).

2 jenazah lain sulit dikenali karena banyaknya luka di tubuh mereka. Terjatuh dari lift lantai 40 ke basement dasar tentu sebuah kecelakaan besar yang berdampak serius pada tubuh korban.

Anggota Majelis Legislatif Maharashtra Devendra Fadnavis menyampaikan duka mendalam atas insiden ini, ia menyampaikan bela sungkawa pada keluarga korban.

“Mengejutkan, kecelakaan lift jatuh ini sangat tragis. Saya menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang hilang nyawa di kecelakaan ini. Bagi korban yang luka semoga lekas sembuh” kata Devandra.

Lift jatuh di gedung Thanos yang dianggap sebagai tumbal proyek bukanlah lift biasa melainkan lift khusus untuk konstruksi. Lift jatuh di lantai P3 atau lantai 3 di area parkir.

Setelah kejadian, pihak berwenang ke lokasi dan mengeluarkan semua pekerja dari basement parkir. Kejadian terjadi pada pukul 05.30 waktu setempat.

“Tidak diketahui bagaimana kabel lift ini tidak berfungsi” kata seorang petugas penyelamat.

Gedung Thane yang dianggap menjadikan 7 kuli di India tewas sebagai tumbal proyek berada di kompleks Runwal kawasan Balkum Kota Thane.

Para korban sedang merenovasi atap gedung agar tidak bocor. Kini pihak yang dimintai pertanggungjawaban adalah kepala kontraktornya.

Kepala kontraktor diduga melanggar KUHP India Pasal 304 ayat 2 tentang Kelalaian serta Pasal 338 tentang Tindakan yang menyebabkan orang cedera parah. Polisi masih lakukan investigasi terkait sebab kecelakaan maut ini.

Baca Juga : Bocah 13 Tahun Tenggelam di Area Proyek Bekas Galian di Setiabudi