Berikut 7 Poin Kesepakatan KTT APEC 2022, Kutuk Rusia Hingga Soroti Krisis Global

KTT Apec ke-29 baru saja selesai digelar di Bangkok dan menghasilkan berbagai hal yang disepakati untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Simak 7 kesepakatan dari KTT Apec ke-29!

Berikut 7 Poin Kesepakatan KTT APEC 2022, Kutuk Rusia Hingga Soroti Krisis Global
7 Poin kesepakatan KTT APEC 2022. Gambar : BPMI Setpres/Rusman

BaperaNews - KTT APEC ke-29 digelar di Bangkok, Thailand pada 18 - 19 November 2022. Forum ini bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menaikkan kesejahteraan di Asia Pasifik.

Terdapat 21 negara anggota APEC yaitu :

  1. Australia
  2. Brunei Darussalam
  3. Kanada
  4. Chili
  5. Hong Kong
  6. Indonesia
  7. China
  8. Jepang
  9. Malaysia
  10. Korea Selatan
  11. Meksiko
  12. Selandia Baru
  13. Peru
  14. Filipina
  15. Papua Nugini
  16. Singapura
  17. Rusia
  18. Taiwan
  19. Thailand
  20. Vietnam
  21. Amerika Serikat

KTT APEC Bangkok mendeklarasikan kesepakatan yang disebut Bangkok Goals tentang ekonomi Bio circular green yang dibuat dari hasil pertemuan para pemimpin Negara pada Sabtu (19/11). Kesepakatan dibuat berlandaskan penegakan penguatan sistem dagang multilateral. Mayoritas dari 21 pemimpin Negara anggota KTT menyampaikan kutukan mereka atas Rusia yang menyerang Ukraina.

“Sebagian besar anggota mengutuk Rusia yang menyerang Ukraina dimana hal itu menyebabkan penderitaan luar biasa jutaan manusia dan memperburuk ekonomi global” ujar Komunike KTT pada Sabtu (19/11). “Namun ada juga pandangan lain dan penilaian berbeda tentang sanksi dan situasinya” imbuhnya.

Dialog KTT APEC membahas tentang upaya untuk mengatasi krisis global yakni adanya inflasi, perubahan iklim, bencana alam, dan masalah ketahanan pangan. Kesepakatan telah disetujui semua anggota APEC termasuk China dan Rusia.

Sebagai informasi, KTT APEC ialah Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation. Forum kerja sama antar 21 Ekonomi di lingkar Samudera Pasifik yang berdiri tahun 1989.

Baca Juga : Berikut 2 Poin Dari Isi Deklarasi KTT G20 Tentang Pendidikan

APEC menyorot “Ada penderitaan luar biasa pada kehidupan manusia akibat perang dan dampaknya terjadi pada ekonomi, energi, inflasi, rantai pasokan makanan, dan ketahanan pangan”.

Kesepakatan KTT APEC pada dasarnya hampir sama dengan hasil KTT G20 Bali yang juga membahas tentang permintaan untuk perdamaian Rusia dan Ukraina dimana perang kedua Negara tersebut tidak hanya berdampak pada politik kedua Negara namun juga mempengaruhi ekonomi seluruh dunia.

Berikut Hasil KTT APEC 2022 ke-29 Bangkok :

  1. Para pemimpin Negara berkomitmen mendorong pertumbuhan yang kuat, aman, seimbang, berkelanjutan, dan inklusif untuk mewujudkan visi APEC.
  2. Memperkuat sistem dagang multilateral berbasis aturan.
  3. Mewujudkan area dagang bebas Asia Pasifik dan akan memperkuat APEC menjadi forum ekonomi utama di kawasan dan inkubator gagasan.
  4. Pemulihan ekonomi pasca Covid-19 dan mempersiapkan jika ada krisis di masa depan.
  5. Upaya intensif mengatasi tantangan saat ini.
  6. Mendukung ekonomi bio circular green yakni kerangka kerja komprehensif untuk membuat sarana pembangunan berkelanjutan di APEC lebih maju.
  7. Bangkok Goals – berani, komprehensif, komitmen aspiratif.

Baca Juga : Berikut Daftar Lengkap Investasi Yang Diraih Indonesia Saat KTT G20 Bali