Irjen Ferdy Sambo Dkk Dimutasi Ke Yanma Polri, Ini Alasannya!

Irjen Ferdy Sambo dkk dimutasi ke markas Yanma Polri. Ini alasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit memutasi sejumlah perwira tinggi Polri!

Irjen Ferdy Sambo Dkk Dimutasi Ke Yanma Polri, Ini Alasannya!
Ini alasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit memutasi sejumlah perwira tinggi Polri! Gambar : Kumparan.com/Dok. Jamal Ramadhan

BaperaNews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit memutasi sejumlah perwira tinggi Polri termasuk Irjen Ferdy Sambo terkait kasus tewasnya Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo dkk dimutasi ke Markas Yanma Polri.

“Malam ini saya akan keluarkan TR khusus untuk mutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir J ke depannya akan berjalan dengan baik dan saya yakin timsus bekerja keras dan kemudian menjelaskan kepada masyarakat dan membuat terang tentang peristiwa yang terjadi” ujarnya Kamis (4/8).

Listyo menjelaskan, mutasi tersebut dilakukan usai diketahui ada 25 personel polri yang bertindak tidak profesional dalam kasus Brigadir J, mereka menghambat penanganan kasus .

“Oleh karenanya, terhadap 25 personel yang saat ini telah diperiksa kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait pelanggaran kode etik dan tentunya jika ditemukan proses pidana kita juga akan memproses” imbuhnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Polri Dedi Prasetyo menjelaskan alasan Irjen Ferdy Sambo dkk dimutasi ke Yanma Polri ialah karena masih berada dalam status pemeriksaan tim khusus.

“Yang dimulai sebagai perwira menengah oleh proses pemeriksaan Inspektorat Khusus Tim Khusus” tuturnya.

Baca Juga : Sah! Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam Polri

“Apabila terbukti melakukan pelanggaran etika akan diperiksa, apabila terbukti melakukan pidana seperti Pak Kapolri sampaikan akan diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku” sambungnya.

Daftar personel yang dimutasi ke Yanma Polri ialah :

  1. Irjen Ferdy Sambo. Kadiv propam Polri ke Pati Yanma Polri.
  2. Brigjen Pol Hendra Kurniawan. Karo Paminal Divpropam Polri ke Pati Yanma Polri.
  3. Brigjen Pol Benny Ali, Karo Provos Divpropam Polri ke Pati Yanma Polri.
  4. Kompol Denny Setia. Sesro Paminal Divpropam Polri ke Pamen Yaman Polri.
  5. Kompol Agus Nur. Kaden A Ropaminal Divpropam Polri ke Pamen Yaman Polri.
  6. AKBP Arif Rachman. Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri ke Pamen Yaman Polri.
  7. Kompol Baiquni Wibowo. Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri ke Pamen Yaman Polri.
  8. Kompol Chuck Putranto. Ps Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divpropam Polri ke Pamen Yaman Polri.
  9. AKBP Ridwan Rheky. Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel ke Pamen Yaman Polri.
  10. AKP Rifaizal Samual. Kanit I Satreskrim Polda Metro Jaya ke Pama Yanma Polri.

Itulah 10 personel Polri yang dimutasi ke markas Yanma Polri terkait kasus tewasnya Brigadir J. Lalu apa itu Yanma Polri ?

Baca Juga : Bharada E Terjerat Pasal 338 KUHP Pada Kasus Brigadir J, Simak Bunyinya

Apa Itu Yanma Polri ?

Dilansir dari Detikcom, Yanma Polri adalah singkatan dari Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dilansir dari laman resmi Kepolisian Republik Indonesia, Yanma termasuk dalam struktur organisasi Polri tingkat Mabes. Tingkatan Yanma Polri adalah berada di bawah Kapolri dan termasuk dalam Unsur Pengawas dan Pembantu Pimpinan.

Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang disebut Yanma Polri adalah unsur pelayanan dalam bidang pelayanan markas. Secara umum, tugas Yanma Polri adalah menyelenggarakan pelayanan markas seperti pelayanan angkutan, perumahan, pengawalan, protokoler, dan penjagaan markas.