Instagram Rilis 4 Fitur Baru: Fitur "Notes" Paling Hits

Berbagai macam fitur dirilis oleh Instagram, diantaranya adalah Notes, Candid Stories, Collaborative Collection, hingga Group Profile. Fitur Notes salah satu fitur yang lagi hits belakangan ini di Instagram.

Instagram Rilis 4 Fitur Baru: Fitur "Notes" Paling Hits
Instagram rilis 4 fitur baru. Gambar : Unsplash.com/Dok. Alexander Shatov

BaperaNews - Instagram merilis fitur baru pada akhir tahun 2022 ini antara lain Notes, Candid Stories, Collaborative Collection, hingga Group Profile yang bisa membantu pengguna terhubung dengan banyak orang.

Berikut Fitur Baru di Instagram Pada Akhir Tahun 2022:

1. Candid

Fitur Candid Stories mirip aplikasi BeReal, pengguna membagikan foto yang diambil dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Candid memungkinkan pengguna mendapat notifikasi pengingat untuk mengunggah, muncul di Stories bagian atas yang hanya bisa dilihat oleh pengguna lain yang telah mengunggah konten Candidnya pula.

Baca Juga : Cara Buat Instastory 60 Detik, Fitur Instagram Baru Di Indonesia

Instagram telah menguji coba fitur Candid Stories sejak beberapa bulan lalu melalui “Candid Challenge”, saat ini fitur Candid Stories akan diluncurkan untuk uji coba di Afrika Selatan.

2. Notes

Fitur Instagram selanjutnya yang banyak dibicarakan ialah fitur Notes, pengguna bisa membuat status singkat maksimal 60 karakter berisi teks maupun emoji, sebagai conversation starter. Fitur Notes tersebut bisa dibagikan kepada followers yang Anda ikuti atau hanya mereka yang masuk di Close friend. Notes muncul berupa bubbles di DM Instagram, akan terlihat selama 24 jam.

Notes disebut fitur yang ingin menyaingi Twitter dimana Twitter terkenal dengan cuitan atau tweet yang pendek, Notes menarik karena menjadi cara komunikasi dengan publik secara singkat.

Baca Juga : WhatsApp Kembangkan Fitur "View Once", Teks Akan Hilang Usai Dibaca

Instagram menyebut selama pengujian ada orang yang memiliki cara untuk memulai percakapan dengan cara yang ringan. Fitur Notes tidak akan muncul di feed, hanya di kotak masuk atau Inbox.

“Kami luncurkan notes, cara baru bagikan pemikiran Anda dan melihat apa yang dilakukan teman Anda, pesan singkat hingga 60 karakter dengan teks maupun emoji. Buka bagian atas inbox Anda, pilih pengikut atau orang di daftar Teman Dekat, dan catatan akan muncul di atas kotak masuk mereka hingga 24 jam. Balasan akan muncul di DM Anda” tulis Meta di laman resminya.

3. Group Profile

Sedangkan fitur Instagram selanjutnya ialah fitur Group Profile, memungkinkan pengguna posting konten melalui satu akun, namun konten hanya bisa dilihat anggota Grup, tidak ke semua followers. Grup baru harus dibuat terlebih dahulu dengan klik ikon Plus – Group Profiles, fitur Group Profile ini masih tahap uji coba di Chile, Kanada, dan Taiwan.

4. Collaborative Collection

Fitur Instagram terbaru yang terakhir ialah fitur Collaborative Collection. Fitur Collaborative Collection memungkinkan pengguna bisa menyimpan konten di feed ke koleksi di grup atau DM one-on-one, konten bisa disimpan dari postingan langsung di feed untuk kemudian dibagi ke rekan yang dipilih melalui DM serta disimpan disitu.

Baca Juga : Tuai Kontroversi, Instagram Tetap Lanjutkan Uji Coba Foto Layar Penuh