Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022: Capaian Medali Melebihi Target!

Indonesia resmi jadi Juara Umum ajang Asean Para Games 2022, Indonesia berhasil memperoleh 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 perunggu. Jumlah medali tersebut bahkan melebihi target

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022: Capaian Medali Melebihi Target!
Indonesia resmi menjadi Juara Umum Asean Para Games 2022 dengan peraihan medali melebihi target. Gambar : ANTARA

BaperaNews - ASEAN Para Games XI 2022 telah berakhir, Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 perunggu. Pencapaian ini dengan bangga disampaikan langsung oleh Chief de Mission ASEAN Para Games XI Andi Herman.

“Dengan berani saya katakan Indonesia telah menjadi juara umum ASEAN Para games Solo 2022 di Indonesia” ujarnya dalam konferensi pers di Hotel Swiss Belinn Solo hari Jumat malam 5/8.

Dilansir dari website resmi ASEAN Para games Solo 2022 www.apg2022.com pada hari Minggu pagi 6/8 pukul 10.54 WIB, perolehan medali Indonesia ialah 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu. Posisi kedua disusul oleh Thailand dengan perolehan 117 emas, 113 perak, dan 88 perunggu. Di peringkat ketiga ada Vietnam dengan 65 emas, 62 perak, dan 55 perunggu.

Tambahan emas di hari Sabtu disumbang dari ajang renang, atletik, tenis kursi roda, catur, panahan, badminton, dan angkat berat. Sekjen Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commite (Inaspoc) Rima Ferdianto mengungkap fakta menarik dalam pagelaran ASEAN Para Games 2022.

“Fakta menariknya ialah, di lima ASEAN Para games terakhir, yang namanya tuan rumah tak pernah juara umum, baru kali ini tuan rumah jadi juara umum. Kita mematahkan mitos tersebut” ujarnya.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi perjuangan yang telah dilakukan oleh para atlet Indonesia, ia menyebut, perolehan medali kali ini jauh melampaui target.

“Dari awal kita menyampaikan target juara umum dengan 104 medali emas, sekarang kita sudah lebih, semua cabor kita perlakukan sama, badminton, basket, tenis meja, dan lainnya sama semua, saya kira itu hasil yang luar biasa” tandasnya.

Baca Juga : Media Thailand Ungkap Masalah Di Timnas Indonesia Dan Masa Depan

Presiden Jokowi Hadir di Penutupan ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022 Indonesia yang telah terlaksana segala rangkaian kegiatannya ditutup pada Sabtu malam 6/8. Closing Ceremony diadakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa tengah. Sejumlah pejabat penting datang termasuk Presiden Jokowi.

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB, Presiden Jokowi yang merupakan tamu kehormatan sempat menemui awak media bersama cucunya Jan Ethes dan Walikota Solo Gibran Rakabuming. ASEAN Para Games ditutup dengan perolehan medali luar biasa oleh para atlet Indonesia yakni total menjadi 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu.