Indonesia Akan Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Dimana Lokasinya?

jembatan gantung terpanjang di dunia bakal dibuat di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Bogor. Jembatan gantung tersebut merupakan pengembangan area wisata Eiger Adventure Land.

Indonesia Akan Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Dimana Lokasinya?
Rencana pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia yang akan ada di Indonesia. Gambar : Dok Pemkab Bogor

BaperaNews - Indonesia bakal memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia. Rencana pembangunan jembatan tersebut berlokasi di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Pembangunan jembatan gantung tersebut, merupakan pengembangan area wisata Eiger Adventure Land.

Yang mana jembatan gantung terpanjang di dunia ini akan menjadi objek utama pada kawasan wisata itu. Kawasan wisata yang kini sedang dikembangkan tersebut, rencananya akan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2023 mendatang.

Pencetus ide lokasi wisata Eiger Adventure Land (EAL) ialah perusahaan ternama PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI) yang mana turut diresmikan oleh Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) tepatnya pada tanggal 17 Oktober 2021 lalu.

Pembangunan area wisata bernuansa alam ini, mempunyai tujuan untuk memanjakan para wisatawan yang datang dan menyukai aktivitas berpetualang. Konsep dari Eiger Adventure Land (EAL) adalah suasana wisata alami bernuansa iklim tropis.

Untuk aspek – aspek yang dikembangkan pada Eiger Adventure Land (EAL) antara lain seperti Entertainment, Etika, Estetika, Edukasi, Ekonomi, Etnologi, dan juga Ekologi. Kombinasi dari beberapa aspek tersebut, diharapkan akan menciptakan area wisata dengan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan bagi para wisatawan.

Rencananya terdapat 2 landmark pada area wisata Eiger Adventure Land (EAL). 2 landmark yang digadang – gadang akan populer di kalangan wisatawan ini ialah jembatan gantung (suspension bridge) dan kereta gantung layaknya sedang di luar negeri.

Selain itu, fasilitas lengkap juga akan disediakan di Eiger Adventure Land (EAL) antara lain seperti adventure playground, overlanding, wellness and sanctuary, jelajah nusantara, desa tradisional, berkemah, mendaki, perjalanan budaya, forest adventure dan fasilitas lainnya.

Jembatan gantung Eiger Adventure Land (EAL) rencananya dibangun di kaki Gunung Pangrango dengan total panjang sekitar 530 meter. Eiger Adventure Land (EAL) yang akan menggantikan rekor jembatan tergantung di dunia saat ini memiliki perbedaan sekitar 14 meter saja.

Kini, sementara rekor jembatan terpanjang di dunia masih dipegang oleh Jembatan 516 Arouca di Arouca Geopark, Portugal. Jembatan gantung tersebut memiliki panjang 516 meter.

Selain jembatan Eiger Adventure Land (EAL), Indonesia juga memiliki jembatan gantung panjang lainnya yang menempati posisi terpanjang di kawasan Asia Tenggara yakni terletak di Situ Gunung Sukabumi, Jawa Barat dengan panjang mencapai 243 meter.