Heboh! Suara Dentuman Di Langit Yogyakarta Efek Pesawat Tempur TNI

Suara dentuman menggema di langit Daerah Istimewa Yogyakarta yang berasal dari suara pesawa tempur milik TNI!

Heboh! Suara Dentuman Di Langit Yogyakarta Efek Pesawat Tempur TNI
Ilustrasi Pesawat Tempur Milik TNI. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Suara gemuruh dan dentuman terjadi di langit Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya pada hari Rabu 9 Maret 2022, berasal dari suara pesawat tempur TNI AU. Hal ini disampaikan oleh Kadispenau Marsma TNI, Indan Gilang Buldansyah, “Jadi dentuman itu memang benar terjadi ketika pesawat bermanuver, membuat suara namanya sonic boom, terdengar mirip dentuman kalau di darat, tapi sebenarnya itu posisinya tinggi di atas 20 ribu kaki” ujarnya hari Rabu malam 9 Maret 2022.

Dia mengungkap pesawat tempur TNI AU memang sedang melakukan latihan pertahanan di wilayah Yogyakarta, yang terbang di langit Yogya dan sekitarnya, “Hari ini memang ada latihan pertahanan di udara memakai pesawat tempur di wilayah Yogya, sehingga banyak warga yang mendengar suara gemuruh itu memang dari pesawat tempur, terutama di area selatan” lanjutnya.

Ketika ditanya itu pesawat jenis apa, Indan tidak berkomentar, “Saya kita tidak perlu disebut, cukup TNI AU pesawat tempur” jawabnya. Ia menganjurkan agar masyarakat tidak panic ketika mendengarnya, “Tidak usah cemas, itu pesawat tempur terbangnya tinggi” ucapnya.

Baca Juga: SBM ITB Berkonflik, Mahasiswa Disuruh Belajar Mandiri

Sebelumnya warga Yogyakarta heboh karena mendengar suara dentuman seperti gemuruh, salah satu warga bernama Dwi (29) mengaku mendengarnya di kediamannya daerah Turi, Sleman sekitar jam 10.15 WIB.

Kepala Stamet YIA, Warjono menyebut peristiwa tersebut tidak berhubungan dengan fenomena alam apapun, “Kami tidak mendeteksi ada aktivitas alam yang membuat suara dentuman di sekitar wilayah Yogya, baik dari aktivitas gempa maupun dari cuaca” ujarnya.

Warjono mengaku tidak mendengar suara dentuman, namun ia mendengar suara gemuruh pesawat. Akun Twitter resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Yogyakarta, @kominfodiy juga membagikan informasi terkait peristiwa ini, pihaknya menyebut hal ini tidak berhubungan dengan aktivitas gunung Merapi yang lokasinya berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sejumlah masyarakat sebelum mendapat infromasi dari Kominfo Yogya merasa ketakutan karena mengira dentuman dari suara alam gunung meletus atau gempa, takut jika lokasi bencana ada di sekitar tempat tinggalnya, namun setelah dijelaskan, masyarakat merasa lega karena suara tersebut terjadi karena pesawat TNI AU yang sedang berlatih, masyarakat berharap semua bisa aman.

Baca juga: Apa Kata FIFA Mengenai Israel Vs Palestina?