Epic Games Store Bakal Rilis di Android dan IOS!

Epic Games bersiap untuk memperkenalkan toko aplikasi mereka sendiri di platform Android dan iOS, tetapi rencana ini masih menghadapi hambatan, terutama dengan Apple. Baca selengkapnya di sini!

Epic Games Store Bakal Rilis di Android dan IOS!
Epic Games Store Bakal Rilis di Android dan IOS!. Gambar : Play-verse.com

BaperaNews - Epic Games dikabarkan tengah mempersiapkan langkah baru dengan rencana peluncuran toko aplikasi mereka sendiri di platform Android dan iOS. Langkah ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses game-game populer seperti Fortnite dan berbagai game menarik lainnya melalui Epic Games Store.

Menurut laporan dari Android Authority pada Sabtu (23/3). Epic Games berencana untuk menghadirkan game-game tersebut di platform Epic Games Store. Informasi ini disampaikan melalui unggahan akun Epic Games Store di Twiiter/X.

Namun, dalam pengumumannya, Epic Games belum mengungkap jadwal pasti peluncuran Epic Games Store di platform Android. Selain itu, rencana peluncuran toko aplikasi ini di iOS juga terkendala karena masih terdapat perselisihan antara Epic Games dan Apple.

Kehadiran Epic Games Store di Android disebut-sebut akan memberikan keuntungan bagi pengembang game. Pasalnya, setiap keuntungan dari penjualan game dan transaksi di platform Epic Games akan memberikan 88 persen dari total pendapatan kepada pengembang, sementara sisanya akan diberikan kepada Epic Games.

Baca Juga: Penghasilan Streamer Free Fire Per Bulan, Cuan Banget!

Namun, kondisi ini juga menjadi masalah bagi Google, karena mereka mengenakan biaya sebesar 15 persen untuk setiap pendapatan pertama pengembang game Android setiap tahun. Biaya tersebut akan meningkat menjadi 30 persen setelah pendapatan pengembang mencapai ambang batas tertentu.

Sementara itu, di pihak Apple, Epic Games juga mengalami kendala terkait peluncuran Epic Games Store di iOS. Hal ini disebabkan oleh perselisihan antara kedua perusahaan tersebut. Baru-baru ini, Apple bahkan memblokir akun pengembang Epic Games setelah iOS 17.4 mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga.

Epic Games pun merespons dengan menyebut langkah tersebut sebagai "pelanggaran serius terhadap DMA" (Digital Markets Act) yang dikeluarkan oleh Uni Eropa. CEO Epic Games, Tim Sweeney, juga menegaskan bahwa Epic Games dan anak perusahaannya akan mematuhi semua ketentuan perjanjian dengan Apple.

Di sisi lain, Apple menyalahkan Epic Games atas pelanggaran kewajiban kontrak yang dikeluarkan perusahaan. Mereka menyatakan bahwa mereka memiliki hak untuk menghentikan salah satu atau semua anak perusahaan Epic Games di bawah kendali mereka sendiri.

Baca Juga: Steam Luncurkan Steam Families, Fitur Berbagi Bermain Game Bersama Keluarga