Dukung Palestina, Warga Qatar Tak Mau Diliput Media Israel Di Piala Dunia 2022

Warga Qatar serentak tidak mau diwawancarai oleh jurnalis asal Israel saat nonton Piala Dunia 2022, hal tersebut dilakukan karena Qatar memberi dukungan penuh terhadap Palestina.

Dukung Palestina, Warga Qatar Tak Mau Diliput Media Israel Di Piala Dunia 2022
Warga Qatar tidak mau diliput media Israel di Piala Dunia 2022. Gambar : qatar2022.qa

BaperaNews - Warga Qatar beramai-ramai menolak diwawancara jurnalis asal Israel ketika menonton Piala Dunia 2022, hal ini dilakukan dalam rangka memberi dukungan penuh kepada Palestina.

Sejumlah warga yang didekati wartawan asal Israel langsung pergi dan melengos, mereka mengungkap mereka tidak mau bicara dengan mereka dan mereka menegaskan dukungannya pada Palestina, mereka tidak peduli dan tidak bicara apapun ketika tahu wartawan yang mewawancarai dari Israel.

Hal ini terekam di sebuah video dan viral di media sosial Qatar. Seorang jurnalis asal Israel bicara dengan bahasa Arab, wartawan tersebut kemudian mengaku dari Israel. Kemudian warga yang diwawancara langsung pergi dan melengos meninggalkan si jurnalis begitu saja.

“Jurnalis asal Israel bicara dengan bahasa Arab, dia kemudian mengaku dari Israel. Penonton yang diwawancara kemudian pergi, mereka sempat memberitahu pada jurnalis tersebut bahwa Negara itu bukanlah Israel, itu adalah Palestina (yang direbut Israel)” ujar produser media lokal Qatar Al Jazeera, Linah Alsaafin.

Baca Juga : Presiden FIFA Bela Qatar Usai Banyak Kontroversi di Piala Dunia 2022

Linah juga menceritakan, para warga di Souq Waqif, Qatar menolak wawancara ketika tahu jurnalisnya asal Israel. Hal itu pun diunggah di media Qatar Doha News. Doha News menuliskan, sejumlah warga Qatar beramai-ramai menegaskan posisi mereka tentang hubungan antara Palestina dan Israel, menyatakan dukungannya kepada Palestina.

Dalam video yang diunggah Doha News, nampak jurnalis asal Israel sedang berjalan-jalan di sebuah pasar, lalu hendak mewawancarai seorang warga lokal yang memakai gamis dan sorban putih.

“Warga Qatar menolak normalisasi dengan Israel jika pendudukan di Palestina masih terus berlanjut” ujar warga tersebut.

Memang Kerajaan Qatar hingga saat ini terus menyatakan dukungannya kepada Palestina, menolak normalisasi dengan Israel, beda dengan Negara tetangganya seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab yang telah melakukan normalisasi.

Sejumlah Negara seperti Amerika Serikat terus membujuk Qatar agar mau normalisasi dengan Israel namun Qatar tidak bersedia. Qatar dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, penerbangan kedua Negara baru dibuka untuk kepentingan Piala Dunia 2022 dan FIFA menjembatani hal ini.

Piala Dunia 2022 disebut sebagai ajang olahraga dunia yang Israel juga berhak mendapat kesempatan untuk menikmatinya meski selama ini tidak memiliki hubungan yang baik dengan Qatar sebagai Negara tuan rumahnya.

Baca Juga : Hasil Tiga Pertandingan Piala Dunia 2022: Inggris Menang 6-2 Atas Iran