Dapet Yamaha NMAX Cuma 10 Ribu, Shopee Batalkan Sepihak

Flash Sale Shopee 10.10 membuat pemenang Yamaha NMAX senilai Rp 10 ribu, Iptia, merasa kecewa karena pesanannya dibatalkan tanpa alasan jelas.

Dapet Yamaha NMAX Cuma 10 Ribu, Shopee Batalkan Sepihak
Dapet Yamaha NMAX Cuma 10 Ribu, Shopee Batalkan Sepihak. Gambar : Tangkapan Layar Instagram/@iptiarsakti

BaperaNews - Iptia R Sakti, seorang ibu dua anak yang menjadi pemenang dalam Live Flash Sale Shopee 10.10. Iptia berhasil membeli Yamaha NMAX senilai hanya Rp 10 ribu. Namun, kebahagiaannya pupus saat pesanan tersebut dibatalkan oleh Shopee tanpa alasan yang jelas.

Pada Selasa, 10 Oktober 2023, Iptia mengikuti Flash Sale tanggal kembar yang dipandu oleh Ruben Onsu. Program Flash Sale ini menawarkan kesempatan membeli mobil dan motor dengan harga promo, yaitu hanya Rp 10 ribu.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @iptiarsakti, terlihat Iptia melakukan proses check-out dan berhasil membayar Yamaha NMAX seharga Rp 10 ribu. Namun, kejutan datang begitu pesanan tersebut dibatalkan oleh Shopee, tanpa memberikan alasan yang jelas.

Iptia telah mencoba menghubungi Customer Service (CS) Shopee untuk mencari pemahaman mengenai pembatalan ini. Namun, ia mengaku bahwa pihak Shopee tidak memberikan solusi yang memuaskan.

"CS Shopee nanganin kemarin, enggak ada win-win solution. Enggak ada tanggung jawab dalam bentuk apapun dengan kasus saya, Shopee membantah karena adanya kesalahan sistem," kata Iptia melalui pesan langsung di Instagram pada Rabu, (18/10).

Iptia juga meminta bukti transparan mengenai dugaan keterlibatan akun lain dalam kasus ini, namun Shopee hanya memberikan alasan rahasia perusahaan sebagai jawaban.

Baca Juga : TikTok Shop Ditutup, Pedagang Pasar Tanah Abang Minta Lazada dan Shopee Ikut Dihentikan

Kondisi akun Shopee milik Iptia juga mengalami gangguan. Ia tidak lagi dapat mengejar hadiah utama atau Grand Prize dalam Flash Sale tanggal kembar, meskipun proses check-out biasa masih berfungsi.

"Sekarang ibaratnya 1 akun hanya berhak mendapatkan 1 Grand Prize. Setelah kita memperoleh Grand Prize, kita tidak dapat lagi mengikuti Grand Prize yang lain. Nah, saya tidak mendapatkan motor, tapi akun saya seolah-olah terkena gangguan," jelas Iptia.

Iptia merasa ada kejanggalan dalam proses Flash Sale ini. Awalnya, hanya ada satu motor dan satu mobil sebagai Grand Prize. Namun, pada akhir acara Live Ruben Onsu, muncul Yamaha NMAX kedua yang dijual seharga Rp 10 ribu. Iptia merasa bahwa pembatalan pesanannya terkait dengan masalah pada server Shopee.

"(Pemenang) langsung melakukan videocall, ya gimana saya tidak berpikir kalau saat saya berhasil melakukan proses check-out, servernya mengalami gangguan," tambahnya.

Tim MOTOR Plus-online juga mencoba menghubungi pihak Shopee untuk mendapatkan klarifikasi mengenai kasus ini. Namun, hingga saat artikel ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari Shopee.

Baca Juga : Polisi Tangkap Dua Mahasiswa Pembajak Paket Shopee Senilai Rp 337 Juta