Daftar Tamu Undangan Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Wakil Indonesia?

Jenazah Ratu Elizabeth II bakal dimakamkan pada Senin 19 Agustus, Berikut daftar tamu undangan pemakaman Ratu Elizabeth II, apakah Jokowi atau wakil Indonesia diundang?

Daftar Tamu Undangan Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Wakil Indonesia?
Daftar tamu undangan pemakaman Ratu Elizabeth II. Gambar : Reuters.com/Alkis Konstantinidis

BaperaNews - Jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada (19/9) atau 10 hari usai tanggal kematiannya. Saat ini, jenazah pemimpin Inggris yang telah berkuasa selama 70 tahun tersebut berada di Gereja Wetminster Abbey, London.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang panjang dimulai dengan kebaktian di Wetminster Abbey, dilanjutkan dengan iring-iringan dan prosesi militer di London, lalu upacara keluarga di Kastil Windsor. Pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi pertemuan bangsawan dan politisi terbesar yang dilaksanakan di Inggris dalam beberapa dekade terakhir.

500 lebih undangan telah disebar untuk pemakaman Ratu Elizabeth II, untuk kepala Negara dan pejabat asing, diharapkan, mereka turut berperan hadir.

Berikut Daftar Tamu Undangan Pemakaman Ratu Elizabeth II :

  1.  Anggota keluarga Kerajaan Eropa

Seluruh anggota keluarga kerajaan diundang, mereka memiliki hubungan kerabat dengan Ratu Elizabeth II.

Diantaranya ialah Raja Belgia philippe dan Ratu Mathilde, Raja Willem Alexander dan istrinya, Ratu Maxima dan ibunya, Ratu Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol, mantan Ratu Belanda Putri Beatrix, dan segenap keluarga kerajaan di Norwegia, Denmark, dan Swedia.

Baca Juga : Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburg, Tangis Warga Pecah

  1. Kepala Negara

Salah satu kepala Negara yang menjadi daftar tamu undangan pemakaman Ratu Elizabeth II ialah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan ibu Negara Jill Biden, mantan Presiden terutama Barack Obama juga diundang.

Kepala Negara lain yang mendapat undangan adalah Presiden Jerman Frank Walter, Presiden Italia Sergio Mattarella, Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Kaisar Jepang Naruhito, Presiden Turki Recep Tayyip, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak diundang karena hubungan Inggris dan Rusia yang memanas sejak Rusia menginvasi Ukraina. Putin juga menyebut “Tidak mempertimbangkan” untuk hadir di pemakaman Ratu Elizabeth II .

  1. Pemimpin Negara persemakmuran

Daftar tamu undangan untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II alah seluruh Negara yang masuk persemakmuran Inggris seperti PM Australia Anthony Albanese, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, dan PM Kanada Justin Trudeau.

Sedangkan Presiden Indonesia Jokowi belum diketahui turut mendapat undangan atau tidak, pihak Istana Negara belum mengkonfirmasi. Jokowi sebelumnya menyampaikan bela sungkawa, ia menggambarkan Ratu Elizabeth II sebagai sosok yang dikagumi.

“Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang Ratu yang dicintai dan dikagumi, simpati terdalam yang tulus untuk keluarga kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris” ujarnya (9/9).

Baca Juga : Fakta - Fakta Menarik Proklamasi Pangeran Charles Jadi Raja Inggris