Breaking News! Gempa 7,1 Magnitudo Guncang Jepang, Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang Jepang bagian selatan, dengan peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Kyushu dan Shikoku.

Breaking News! Gempa 7,1 Magnitudo Guncang Jepang, Berpotensi Tsunami
Breaking News! Gempa M 7,1 Guncang Jepang, Berpotensi Tsunami. Gambar : X/@Quantectum_Jap

BaperaNews - Gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang wilayah selatan Jepang pada Kamis (8/8) sore waktu setempat, mengakibatkan potensi tsunami oleh Badan Meteorologi Jepang.

Gempa tersebut terjadi di lepas pantai timur pulau utama selatan Jepang, Kyushu, dengan kedalaman sekitar 30 kilometer (18,6 mil).

Gempa yang mengguncang Jepang tersebut berpusat di Provinsi Miyazaki, timur laut Kyushu. Badan Meteorologi Jepang awalnya melaporkan kekuatan gempa sebesar 6,9, namun kemudian diperbarui menjadi 7,1.

"Gempa berkekuatan 7,1 magnitudo terjadi di kedalaman sekitar 30 kilometer di lepas pantai timur Kyushu," ungkap pernyataan resmi Badan Meteorologi Jepang.

Badan Meteorologi Jepang segera mengeluarkan Peringatan tsunami setelah gempa terjadi, memperkirakan gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter (3,3 kaki) akan melanda pantai selatan Kyushu dan pulau Shikoku yang berdekatan.

Baca Juga: Kapten Senam Jepang Didiskualifikasi dari Olimpiade Paris 2024 Gegara Ketahuan Merokok

"Kami memperkirakan gelombang setinggi hingga 1 meter akan mencapai pantai selatan Kyushu dan pulau Shikoku," kata juru bicara Badan Meteorologi Jepang.

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai kerusakan besar atau korban jiwa akibat gempa Jepang ini. Operasi kereta peluru di Kyushu sempat dihentikan sebagai tindakan pencegahan. 

Jepang merupakan salah satu negara yang paling rawan gempa di dunia, terletak di Cincin Api Pasifik, daerah dengan aktivitas seismik tinggi. Gempa berkekuatan besar sering terjadi di negara ini, mengingat posisinya di pertemuan beberapa lempeng tektonik. 

Sampai Saat ini sampai berita ini dimuat, belum ada perkembangan informasi terkini perihal apakah terjadi tsunami atau korban jiwa dan kerusakan atas dampak dari gempa berkekuatan 7,1 magnitudo ini.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga: Rawan Gempa, Ini Sesar Pulau Jawa yang perlu Diwaspadai