BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Banyak Wilayah Indonesia 7 Agustus

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait dengan hasil prakiraan cuaca hujan lebat yang akan melanda sejumlah daerah di Indonesia

BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Banyak Wilayah Indonesia 7 Agustus
BMKG: Hujan lebat akan datang di wilayah Indonesia. Gambar : Unsplash.com/Dok. Atilla Bingöl

BaperaNews - BMKG diketahui telah mengeluarkan peringatan dini terkait dengan hasil prakiraan cuaca hujan lebat yang disertai dengan adanya kilat dan juga angin kencang yang akan melanda sejumlah daerah di Indonesia pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Beberapa daerah di Indonesia yang diperkirakan terdapat potensi besar terjadi hujan lebat dengan kilat dan angin kencang antara lain seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Aceh.

Tak hanya itu, menurut keterangan yang diberikan oleh pihak BMKG bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan yang terlihat di sekitar kawasan yang sebelumnya sudah mengalami siklus siklonik seperti halnya di kawasan perairan sebelah utara dari Provinsi Papua Barat.

Terjadinya sirkulasi siklonik, membuat terbentuknya daerah pertemuan maupun perlambatan dari kecepatan angin atau disebut sebagai konvergensi yang kian memanjang di kawasan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Potensi adanya pertumbuhan awan hujan juga diperkirakan akan terjadi di daerah yang mengalami konvergensi lainnya. Yang diketahui telah memanjang hingga ke kawasan perairan utara dan juga barat dari Pulau Sumatera.

Mulai dari kawasan pesisir Barat Provinsi Sumatera Utara menuju ke kawasan Selat Malaka.

Baca Juga : Kenapa Polisi Larang Pakai Lampu Hazard Waktu Hujan?

Kawasan lain yang memiliki potensi antara lain seperti NTT bagian timur, Maluku, Teluk Bone sampai Teluk Tomini di kawasan Laut Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Kepulauan Natuna.

Sementara itu, pihak BMKG juga memprediksikan bahwa kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diketahui akan mengalami hujan ringan tepatnya pada Minggu (7/8).

Namun untuk beberapa kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya seperti Jakarta Utara kondisi cerah berawan, kemudian Jakarta Pusat juga cerah berawan, Jakarta Barat berawan dan Kepulauan Seribu berawan.

Sedangkan untuk malam harinya, hanya di kawasan Jakarta Barat saja yang diprediksikan akan mendapati hujan ringan.

Untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitar lainnya hanya berawan saja.

Jadi dihimbau bagi daerah - daerah di Indonesia yang diperkirakan bakal terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang dan kilat agar lebih berhati - hati, terutama yang tengah menjalankan aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga : Alasan Tetap Hujan Lebat Dan Petir Saat Musim Kemarau Di Indonesia