Niat Puasa Asyura 8 Agustus, Simak Keutamaannya

Puasa Asyura dilaksanakan pada 10 - 11 Muharram 1444 H ang bertepatan pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2022, berikut niat dan keutamaan puasa Asyura.

Niat Puasa Asyura 8 Agustus, Simak Keutamaannya
10 - 11 Muharram Puasa Asyura, Niat Hingga Keutamaanya. Gambar : Reuters.com/Sivaram V

BaperaNews - Saat bulan Muharram umat islam berlomba-lomba mencari pahala untuk bertemu dengan Allah SWT suatu saat nanti, salah satunya beribadah puasa Asyura yang dilaksanakan setiap tanggal 10 di bulan Muharram.

Puasa Asyura dilaksanakan pada 10 Muharram 1444 H yang bertepatan pada tanggal 8 Agustus 2022.

Puasa Asyura merupakan salah satu dari amalan puasa paling mulia setelah puasa Ramadhan, sesuai dengan Sahabat Abu Qatadah yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa hari Asyura, aku berharap Allah agar Ia mengampuni dosa setahun yang lalu. 

Namun, puasa Asyura hukumnya tidak wajib karena Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya ini adalah hari Asyura. Kalian tidak wajibkan berpuasa pada hari ini. Terserah kalian apakah mau berpuasa atau tidak.”

Puasa Asyura memiliki keistimewaan diantaranya yakni menghapus dosa selama setahun dan dilipatgandakan pahala dari amalan baik yang dikerjakan.

Disebutkan dalam hadits Abu Qotadah Al Anshori yang mengatakan, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Sama seperti puasa - puasa sunah lain. Puasa Asyura wajib diawali dengan membaca niat sesuai yang ditetapkan oleh Allah SWT. 

Bacaan niat puasa Asyura dapat dilafalkan saat malam hari setelah sholat Isya atau sebelum waktu subuh.

Niat Puasa Asyura yang Dibaca Malam Hari 

Puasa Asyura diawali dengan membaca niat yang menjadi peluang kepada Allah SWT agar minta diampuni dosa - dosa setahun lalu yang pernah kita buat baik sengaja maupun tidak.

Berikut niat puasa Asyura pada malam hari :

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatil asyura lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Asyura besok hari karena Allah SWT."

Niat Puasa Asyura Sebelum Waktu subuh atau Sesudah Siang Hari

Niat puasa Asyura bisa kalian bacakan di pagi setelah subuh atau siang hari, jika memang mendadak mendapat panggilan hati untuk menunaikan puasa Asyura. Namun, kondisi kalian harus belum makan dan minum seperti halnya orang berpuasa. 

Berikut niat puasa Asyura pada sebelum subuh atau sesudah siang hari  :

Nawaitu shauma hadzal yaumi an ada'i sunnatil asyura lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Asyura hari ini karena Allah SWT."

Tata cara puasa Asyura sama seperti puasa pada umumnya, yaitu mengharuskan orang berpuasa untuk menahan lapar, haus, mengendalikan emosi hingga hawa nafsu. Dari matahari terbit hingga terbenam.

Baca Juga : Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Utama Rusaknya Otak