Benjamin Mendy Dinyatakan Bebas Bersyarat Usai Melakukan Kasus Pelecehan dan Kekerasan Seksual

Benjamin Mendy dinyatakan bebas bersyarat dari penjara pada 7 Januari 2022 lalu, usai melakukan kasus pelecehan dan kekerasan seksual terhadap 5 wanita.

Benjamin Mendy Dinyatakan Bebas Bersyarat Usai Melakukan Kasus Pelecehan dan Kekerasan Seksual
Benjamin mendy. Gambar : AP/Dok. Rui Vieira

BaperaNews - Benjamin Mendy Bek dari Manchester City dikabarkan sudah keluar dari penjara dengan jaminan. Diketahui Benjamin Mendy kini menjadi tahanan rumah dan mengenakan gelang pelacak pada kakinya.

Dilansir dari ESPN, Benjamin Mendy sudah keluar dari penjara sejak 7 Januari lalu. Benjamin Mendy merasakan hari-hari di balik jeruji besi selama 134 hari, sejak pertama kali ditahan pada 26 Agustus lalu.

Dalam persidangan yang dilakukan secara tertutup dan tidak mengizinkan media untuk meliput. Benjamin Mendy diberikan jaminan oleh Hakim Patrick Thompson di Pengadilan Chester. Meskipun sudah keluar penjara bukan berarti Benjamin Mendy bisa bebas kemana-mana.

Benjamin Mendy saat ini harus tetap tinggal di rumahnya yang berada di kawasan Prestbury, Cheshire. Paspor miliknya juga ditahan, sehingga ia tidak bisa melakukan perjalanan luar negeri atau meninggalkan Inggris. Selain itu, Benjamin Mendy juga tidak boleh menghubungi para pelapor yang mengadukannya ke polisi.

Kasus Benjamin Mendy ini sebenarnya jauh dari kata selesai. Ia akan menjalani pra-sidang pada 24 Januari, lalu akan disidang lagi dengan waktu paling cepat 27 Juni mendatang. Benjamin Mendy pun berstatus sebagai wajib lapor. Jika ia abai dengan perintah tersebut, maka Benjamin Mendy akan kembali dijebloskan ke dalam penjara.

Juara Piala Dunia 2018 itu harus melapor dan datang ke kantor polisi lokal setiap hari sebagai bagian dari kewajiban dan jaminan bebas bersyaratnya.

Pada Jumat (21/1) The Sun merilis sebuah foto Benjamin Mendy yang baru saja melaksanakan wajib lapor ke Macclesfield Police Station. Dalam pelaksanaan wajib lapornya tersebut terlihat Benjamin Mendy menggunakan gelang kaki elektronik yang berguna untuk mendeteksi mobilitasnya.

Diketahui sebelumnya, Benjamin Mendy diduga melakukan 7 kasus pemerkosaan dan 1 satu kekerasan seksual kepada 5 orang wanita dalam rentang waktu dari Oktober 2020 hingga Agustus 2021. Yang mana 3 tuduhan pemerkosaan dilakukan pada bulan Oktober dan 1 kekerasan seksual dilakukan pada Januari 2021.

Setelah kasus ini tercium oleh media, Man City pun langsung menskors Benjamin Mendy, dan dipastikan akan absen hingga akhir musim. Kini, seluruh penjualan Jersey Benjamin Mendy di official store The Citizens pun telah ditiadakan.

Benjamin Mendy yang sudah bergabung dengan Man City sejak musim panas tahun 2017 usai dilepas oleh AS Monaco dengan harga 52 juta Pound.