Begini Wajah Museum Telekomunikasi di TMII Yang Terbengkalai!

Belakangan ini warganet dihebohkan dengan penampakan Museum Telekomunikasi di TMII yang terlihat seperti bangunan terbengkalai. Simak informasi lengkapnya!

Begini Wajah Museum Telekomunikasi  di TMII Yang Terbengkalai!
Penampakan Dari Museum Telekomunikasi Di TMII. Gambar: republika.com/alkhaledi Kurnialam

BaperaNews - Rumput ilalang tinggi ada di TMII, nampak mengelilingi hampir semua kawasan Museum Telekomunikasi yang ada di area Taman Mini Indonesia Indah, kondisi bangunan juga nampak rusak parah dan terbengkalai.

Bagian atap atasnya yang berbentuk bulat menjadi ciri khas Museum Telekomunikasi sudah parah kerusakannya, jebol di berbagai sisi, warna temboknya juga nampak kusam, compang-camping disana sini, terlihat juga coretan tangan menghias dinding luar bangunan museum tersebut.

Bangunan populer yang pernah diresmikan Presiden Soeharto 20 April 1991 silam itupun kini tampak tak ada indahnya, rapuh dan tidak berdaya. Bangunan patung Maha Patih Gajahmada yang terlihat sedang berdiri dengan tegak sambil mengacungkan senjata tradisional keris di depan museum itu menjadi saksi bisu ketika alat berat menghancurkan bangunan tersebut.

Pada masa silam museum Telekomunikasi menjadi sumber informasi terbaik tentang pertelekomunikasian Indonesia, yakni saat masa jayanya, atapnya yang kala itu berwarna biru langit menjadi ciri khas kegagahan museum pada masa itu, namun kini semua hilang, semuanya memudar.

Tak hanya Museum Telekomunikasi yang terbengkalai, banyak bangunan lain dan berbagai wahana di TMII juga tidak terurus seperti Museum Minyak & Gas Bumi, Wahana Air, dan Graha Widya Patra.

Wahana Air Snow Bay, yang dulu adalah kolam renang terkenal di Jakarta kini tutup dan rusak, di dalamnya masih ada air yang sangat kotor, dinding dan lantai kolamnya juga berlumut.

Sedangkan sarana seperti kursi perosotan, dan loker sudah karatan, daun kering dan rumput banyak berserakan di sekitarnya, tidak nampak ada petugas yang berjaga disana.

Kondisi paling memprihatinkan terlihat di Museum Minyak Gas Bumi yang sudah ditumbuhi rumput ilalang setinggi museumnya padahal dulu museum itu sangat indah dikelilingi danau buatan yang asri, dindingnya pun sudah jebol.

TMII memang terbengkalai sejak diambil alih oleh pemerintah yang sebelumnya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita.

CNNIndonesia mencoba menghubungi staf khusus Presiden Faldo Maldini yang merupakan staf Menteri Sekretaris Negara, meminta keterangan tentang hal terkait, kenapa TMII hingga kini tidak mendapat perawatan hingga menjadi rusak parah, tidak seperti jaman dulu yang dirawat dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan Jakarta, namun belum juga ada respon, hingga berita ini diturunkan, Faldo belum merespon.

Kita berharap terbengkalainya bangunan ikonik di TMII semoga mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Baca Juga: Gajah Liar Rusak Perkebunan Kelapa Sawit di Aceh Barat